Dua Komponen Bermasalah, Yamaha Indonesia Umumkan Recall TMAX

Yamaha TMax 2017.
Sumber :
  • Yamaha Motor

VIVA – Yamaha Indonesia mengumumkan kampanye recall terhadap produk skutik bongsornya TMAX. Recall dilakukan karena Yamaha menemukan masalah terhadap dua komponen yang ada di TMAX terbaru.

Yamaha Indonesia Hadirkan Motor Baru Rp27 Jutaan

Seperti dikutip dalam laman resminya, Selasa 19 Februari 2019, masalah ada pada belt dan engine control unit (ECU). Masalah ada pada TMAX dengan nomor rangka JYASJ1450J0013801 - JYASJ1450J0016880.

Sekadar diketahui ECU menjadi komponen penting dalam sebuah kendaraan, apalagi motor saat ini sudah banyak yang menerapkannya. ECU dianggap penting karena fungsinya untuk mengkontrol kinerja mesin.

Pakai Warna Baru, Motor Yamaha MT-25 Dibanderol Rp55 Jutaan

Jika ECU mengalami kerusakan, maka akan sangat berpengaruh pada sistem pengapian. Alhasil performa mesin tidak akan maksimal.

Masalah selanjutnya datang dari Belt. Belt memiliki fungsi untuk meneruskan putaran pulley bagian depan (engine) menuju pulley belakang (roda). Belt digunakan untuk transmisi matik karena ini adalah pengganti rantai. Jadi jika belt mengalami kerusakan maka jelas akan berpengaruh pada tarikan mesin.

Yamaha Juga Luncurkan Motor Baru di Awal 2021

Kedua komponen ini jika disatukan akan menjadi penyakit yang menghasilkan performa mesin buruk dan yang paling jelas terasa adalah boros bahan bakar.

Pada kampanye recall ini, Yamaha menyatakan akan mengganti secara gratis belt serta memprogram ulang ECU pada TMAX yang memiliki nomor rangka seperti di atas. (tp)

Sepeda motor Yamaha MT-15 warna baru

Motor Sport Semakin Tersingkir, Yamaha Belum Menyerah

Motor ditawarkan dengan harga Rp37,13 juta on the road Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2021