Kapasitas Mesin Kecil, Kenapa Motor Dituding Biang Polusi?

Ilustrasi knalpot motor
Sumber :

VIVA – Sebuah riset baru-baru ini dilakukan oleh Komite Penghapusan Bensin Bertimbal. Hasilnya, penyumbang terbesar pencemaran udara di Jakarta adalah sepeda motor.

Deretan Motor Honda yang Bensinnya Super Irit per Mei 2024

Bahkan, sempat muncul wacana untuk menerapkan aturan ganjil genap khusus kendaraan bermotor roda dua. Tujuannya, mengurangi kemacetan dan polusi yang dihasilkan kuda besi tersebut.

Hal itu cukup membuat kaget banyak pihak. Sebab, kapasitas mesin motor jauh lebih kecil dari mobil. Jika kendaraan beroda empat menggunakan mesin paling kecil 1.000cc, maka motor yang umum dipakai warga Jakarta adalah 110-150cc.

Motor Baru Ini Konsumsi Bensinnya 90 Km per Liter

Dilansir dari La Times, Senin 19 Agustus 2019, ada faktor utama yang menyebabkan motor jadi biang polusi udara. Faktor yang dimaksud, yakni teknologi mesin yang digunakan.

Baca juga: Kebiasaan Jokowi di Mobil yang Tak Patut Dicontoh

Kebanyakan Uang, Yamaha Aerox Ini Pakai Cat Mobil Miliaran Rupiah

Berbeda dengan mobil yang pipa knalpotnya dibekali catalytic converter, motor tidak memiliki alat pengurang gas beracun tersebut. Alasannya, dimensinya cukup besar, sehingga kurang sesuai jika diaplikasikan pada kendaraan beroda dua.

Padahal, fungsinya sangat penting. Catalytic converter dapat mengubah karbon monoksida menjadi karbon dioksida. Selain itu, sisa bensin yang tidak terbakar dan hidrokarbon juga diubah menjadi zat yang tidak berbahaya serta air.

Selain tidak disematkan alat tersebut, jumlah sepeda motor di Indonesia juga jauh lebih banyak dari mobil. Sebagai informasi, jumlah penduduk Indonesia di 2018, adalah 260 juta. Sementara, angka kepemilikan motor mencapai 137,7 juta, kurang lebih setengahnya.

Ilustrasi garis polisi.

Kondisi Terkini Calon Siswa Bintara Polri Usai Dibegal hingga Jari Terputus di Kebon Jeruk

Korban yang mengendarai sepeda motor sudah dibuntuti begal diduga berjumlah tiga orang.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024