Cc Mesin Motor Ini Lebih Gede dari Toyota Fortuner

Triumph Rocket 3
Sumber :
  • Rideapart

VIVA – Sudah menjadi hal yang umum, bahwa ukuran dari mesin sebuah kendaraan berbanding lurus dengan dimensi dari unitnya. Semakin besar bodi, maka mesin yang dipasang juga semakin besar kemampuannya.

Gak Mampu Beli Baru, Segini Harga Bekas Toyota Fortuner Diesel

Namun, produsen selalu mencari cara untuk menambah performa dari kendaraan itu, dengan cara membuat kapasitas mesinnya menjadi lebih besar. Sebagai contoh, Jika dahulu Toyota Avanza hanya tersedia dalam varian 1.000cc dan 1.300cc, maka kini muncul model yang mengusung mesin 1.500cc.

Hal yang sama juga dilakukan oleh produsen sepeda motor. Honda Vario yang tadinya cuma memakai mesin berkapasitas 110cc, kini sudah hadir varian 150cc.

Toyota Daftarkan Fortuner Baru di Indonesia

Begitu pula dengan Triumph. Pabrikan motor asal Inggris itu, belum lama ini mengenalkan versi terbaru dari motor terkencang mereka, Rocket 3. Tahun lalu, model ini disematkan mesin berkapasitas 2.300cc. Tapi, tahun ini naik menjadi 2.500cc.

Kapasitas mesin tersebut lebih besar dari mesin yang dipasang Toyota di sport utility vehicle andalan mereka, Fortuner. Varian diesel dari mobil ini, memiliki kapasitas 2.400cc.

Kaget Lihat Mobil Polisi yang Diduga Terima Suap Bandar Narkoba

Bicara soal tenaga, mesin Rocket 3 mampu menghasilkan 145 daya kuda. Sementara, mesin diesel Fortuner punya 150 daya kuda. Tapi, bobot motor jauh lebih ringan dari mobil gagah tersebut.

Saat diuji berakselerasi, dikutip dari Rideapart, Selasa 3 Maret 2020, Rocket 3 mampu melesat dari kondisi diam hingga kecepatan 100 kilometer per jam dalam waktu 2,7 detik. Angka tersebut jauh lebih cepat dari yang diklaim oleh Triumph, yakni 3,2 detik.

Toyota Fortuner Commander

Muncul Lagi Toyota Fortuner Baru, Hanya 1.000 Unit

Namun, Toyota Fortuner tersebut hanya dipasarkan di Thailand dalam jumlah terbatas dengan harga Rp600 jutaan.

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2022