Harganya Mahal tapi Kenapa Vespa Tetap Laku di RI?

Menperin Agus Gumiwang menghadiri groundbreaking pabrik Vespa di Indonesia.
Menperin Agus Gumiwang menghadiri groundbreaking pabrik Vespa di Indonesia.
Sumber :
  • Dok: Kemenperin

VIVA – Vespa merupakan merupakan salah satu merek sepeda motor, dari perusahaan yang menginduk ke Piaggio. Vespa juga disebut sebagai merek yang cukup konsisten, untuk menghadirkan desain klasik ala Eropa dari tahun ke tahun.

Desain klasik ala Eropa itu menjadi nyawa bagi perusahaan yang berasal dari Italia tersebut, apalagi Vespa menjunjung asas sejarah. Makanya enggak heran kalau melihat varian vespa, bentuknya hampir mirip, sehingga hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri.

Seperti di Tanah Air, PT Piaggio Indonesia sudah 10 tahun menjual Vespa secara resmi, walaupun harganya lebih mahal dari motor matik buatan Jepang, tapi peminatnya masih tetap ada baik dari kalangan anak muda hingga kalangan tua, yang ingin memiliki motor dengan tampilan yang berbeda.

Menurut Marco Noto La Diega, Managing Director and Country CEO PT Piaggio Indonesia mengejelaskan bahwa, konsumen yang menyenangi Vespa lantaran karakter kendaraan yang kuat, sehingga Vespa membuat pengendara terlihat mencolok.

Motor baru Vespa Sio Giorni resmi meluncur di Indonesia

Motor baru Vespa Sio Giorni resmi meluncur di Indonesia

Photo :
  • dok. Piaggio Indonesia

Lebih lanjut Marco mengungkapkan bahwa, strategi pemasaran yang diadopsi timnya juga membuat konsumen tergoda membeli motor Vespa. Apalagi ketika pabrikan lain hanya fokus menjual produknya, dengan bumbu teknologi dan fitur. Vespa justru menjual seni dan gaya hidup.

“Vespa selalu terlihat muda dan relevan. Sebab, kami selalu menatap dunia melalui kacamata berbeda. Kami melakukan pendekatan lain seperti musik, seni, dan fashion,” ujar Marco, dikutip VIVA Otomotif Selasa 30 November 2021.