Motor Baru Yamaha Pesaing Honda CB150X Meluncur, Kapan Masuk RI?

Yamaha Crosser 150
Sumber :
  • Greatbiker

VIVA – Salah satu cara pabrikan kendaraan untuk menghemat ongkos produksi adalah memanfaatkan satu platform untuk dikembangkan menjadi berbagai model. Strategi itu juga mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Ini Motor Paling Mahal di Pameran IIMS 2024

Dengan biaya produksi yang terjangkau, namun produsen kendaraan bisa menjual berbagai produk yang menyasar segmen berbeda-beda. Hal itu sudah dilakukan brand-brand raksasa di dunia, salah satunya untuk sepeda motor.

Honda CB150X dipamerkan di GIIAS 2021.

Photo :
  • Dok: Seven Event
Suzuki Hadirkan Motor Adventure Penerus Legenda Paris Dakar

PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai pemegang merek motor Honda di Indonesia juga memiliki cara yang serupa. Memanfaatkan rancang bangun dan komponen utama yang ada di CB150 Street Fighter menjadi Honda CB150X.

Artinya secara kelas sudah berbeda, di mana Street Fighter dilahirkan sebagai naked bike untuk jalan on road, sedangkan CB150X yang resmi diluncurkan pada November 2021 mengusung konsep sport adventure touring.

Motor Adventure Retro Bertenaga 450cc Segera Meluncur

Motor petualang buatan Honda itu sekilas mirip BMW G 310 GS. Penggunaan tapered handlebar membuat posisi setang lebih tinggi, desain shroud dan cover tangki yang lebar memberikan tampilan kokoh, ditambah duck fender.

Mengingat motor petualang buatan lokal itu cukup mencuri perhatian, Yamaha sebagai pesaingnya tidak menutup kemungkinan akan merilis produk serupa. Bahkan bos besar PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengapresiasi CB150X.

“Motor bagus,” ujar Presiden Direktur dan Chied Executive Officer PT YIMM, Minoru Morimoto di Sirkuit Sentul Internasional, Bogor, Jawa Barat, dikutip Viva Otomotif, Jumat 17 Desember 2021.

Meski memberikan nilai positif untuk produk dari brand pesaingnya, namun pria berusia 61 tahun itu massih merahasiakan rencana panjang Yamaha merilis produk sejenis. Sebab fokus utamanya saat ini pada model WR 155 R.

“Yamaha WR 155 R produk yang bagus, kami lebih fokus ke model tersebut,” tuturnya.

Hal senada juga disampikan Manager Public Relation YRA and Community PT YIMM, Antonius Widiantoro. Menurutnya Yamaha terus melengkapi produk yang ada di Indonesia dengan menyesuaikan permintaan konsumen.

“Mungkin itu cara kompetitor melihat peluang, dan senang tes market. Kami fokus dulu di WR 155, tapi kita juga sedang melengkapi jenis adventure touring, naked, matik, dan lain-lain,” ujar pria yang akrab disapa Anton di tempat yang sama.

Melansir Greatbiker, Yamaha baru saja merilis Crosser 150 ABS di Brazil sebagai motor adventure terbarunya yang menggunakan mesin 149cc SOHC satu silinder, bertenaga 12,2 daya kuda. Jika masuk RI bisa berhadapan dengan CB150X.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya