Suzuki Hadirkan Motor Adventure Penerus Legenda Paris Dakar

Suzuki V-Strom 800DE Djebel Edition
Sumber :
  • Rideapart

Verona, 26 Januari 2024 – Motor adventure kelas menengah semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya adalah Suzuki V-Strom 800DE, model yang pertama kali dihadirkan pada era 2000-an.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Suzuki memiliki warisan yang kaya dalam hal balap reli. Pada era 1990-an, pabrikan otomotif asal Jepang itu menunjukkan kehebatannya di Reli Paris-Dakar dengan menurunkan DR 350 dan DRZ 400 dual-sport.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Rideapart, tak lama kemudian DR 650 bermesin silinder tunggal besar menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Karena warisan inilah, Suzuki kini meluncurkan iterasi edisi khusus dari V-Strom 800DE yang disebut Djebel, sebagai penghormatan kepada gunung tertinggi di Tunisia dan merupakan perpanjangan dari Pegunungan Atlas.

Suzuki V-Strom 800DE Djebel Edition

Photo :
  • Rideapart
Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Suzuki meluncurkan V-Strom 800DE Djebel di Motor Bike Expo 2024 di Verona, Italia. Dibalut livery bertema retro, perusahaan mengatakan bahwa motif tersebut dimaksudkan untuk mewakili keinginan motor untuk berpetualang tanpa batas.

Motor ini menampilkan skema warna putih dan biru klasik Suzuki, dengan elemen emas pada bagian suspensi dan roda. Edisi Djebel dilengkapi dengan ban Dunlop Trailmax Raid untuk performa off-road yang mumpuni, serta knalpot slip-on titanium dari Akrapovic.

Motor adventure edisi khusus ini mempertahankan spesifikasi dan fitur standar V-Strom 800DE, yakni mesin dua silinder berkapasitas 776cc berpendingin cair dan injeksi bahan bakar.

Dengan kombinasi tersebut, dapur pacu bisa menghasilkan tenaga sebesar 83 daya kuda dan torsi 73 Newton meter. Cukup untuk berpetualang di medan ekstrem saat akhir pekan.

Suzuki V-Strom 800DE Djebel Edition

Photo :
  • Rideapart

Tak lupa disematkan peranti elektronik canggih seperti ABS yang bisa dinonaktifkan, mode berkendara, kontrol traksi, serta pemindah gigi transmisi dengan tambahan slipper clutch.

Sayangnya, belum diketahui apakah motor ini bakal dipasarkan di Indonesia atau tidak. Namun sebagai informasi, PT Suzuki Indomobil Sales saat ini menawarkan seri V-Strom 250 SX dengan kapasitas mesin 250cc, yang harganya Rp59,5 juta on the road DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya