Membedah Kerja Hybrid di 3 Detik Pertama pada Yamaha Fazzio

Yamaha Fazzio seri Neo
Sumber :
  • VIVA/M Indra Nugraha

VIVA –  PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan Yamaha Fazzio Hybrid Connected, Senin 17 Februari 2021. Lalu seperti apa kerja hybrid pada skutik yang punya tampilan retro ini?

Sempat Viral Banget, Begini Nasib Yamaha Fazzio Hybrid Kini

Menariknya ini adalah motor 125cc pertama dari Yamaha yang pakai mesin hybrid. Dengan hadirnya teknologi tersebut, diklaim bisa meningkatkan efisiensi berkendara konsumen dalam hal konsumsi bensin dan performa berkendara.

Jadi, dalam kondisi normal baterai akan berfungsi untuk menghidupkan motor. Setelah motor hidup, daya baterai akan diisi kembali oleh Smart Motor Generator agar terus terisi maksimal.

Yamaha Grand Filano Hybrid Meluncur di Jakarta, Harga Rp27 Juta

Pada mesin Blue Core Hybrid 125 cc ini, Electric Power Assist Start yang bersumber dari daya beterai berfungsi untuk membantu tarikan awal mesin selama 3 detik pertama.

Hasilnya pada 3 detik pertama akan ada dua sumber tenaga yang menggerakan motor. Sumber tenaga yang berasal dari mesin dan juga sumber tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start.

Ojol Ini Dibuat Kaget saat Ganti Oli Motor di Bengkel

Yamaha Fazzio seri Neo

Photo :
  • VIVA/M Indra Nugraha

"Jadi Blue Core Hybrid ini adalah next generation dari Blue core sendiri. Teknologi baru ini kita hadirkan di kombinasikan dengan produk baru, dan ini kita rasa yang paling pas. Ini adalah kategori baru, Classy Yamaha," ujar Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro di Jakarta Selatan.

"Si Blue Core Hybrid ini cara kerjanya adalah memberikan assist kepada mesin. Jadi bekerja secara simultan dengan mesin bersama-sama. Jadi di awal, mesin tetap hidup dan si electric power assist start ini akan memberi assit kepada mesin. Membuat akselerasi awal jadi ringan," paparnya.

Semuanya berkerja di 3 detik pertama setelah kita menggas motor. Mengapa di 3 detik pertama? Yamaha menilai di momen itu, adalah waktu krusial membutuhkan tenaga yang besar, terlebih kondisinya dalam tanjakan atau boncangan.

"Fungsi hybrid ini memberikan assist kepada motor ini, jadi kerjanya secara simultan. Kalau kita mulai gas, selama 3 detik pertama akan berfungsi, tapi RPM tidak lebih dari 5500. Itulah sistem hybrid pada Fazzio," katanya.

Yamaha Fazzio seri Lux

Photo :
  • VIVA/M Indra Nugraha

Alasan tersendiri, Yamaha Fazzio memakai satu baterai saja karena untuk menghidupkan instrumen electric dan hidupkan motor. Usai motor hidup, maka baterai tak berfungsi dan akan melakukan charging.

"Cara kerjanya simpel, tapi itu bisa memberikan assist kepada motor. Pada saat akselerasi sangat dibutuhkan tenaga. Waktu mulai akselerasi maka sistem hybrid akan berfungsi," paparnya.

Yamaha Fazzio sendiri hadir dalam versi Neo dan Lux. Untuk warna Fazzio Lux hadir dengan 2 pilihan warna premium, LUX Matte Black dan LUX Prestige Silver. Sedangkan, Yamaha Fazzio Hybrid - Connected NEO hadir dengan 4 pilihan warna sporty, NEO Cyan, NEO Red, NEO Beige, dan NEO Black.

Yamaha Fazzio Hybrid-Connected NEO dengan tampilan warna glossy dipasarkan dengan harga Rp21,700,000 OTR Jakarta, sedangkan Yamaha Fazzio Hybrid-Connected LUX dengan tampilan matte seharga Rp22.000.000 OTR Jakarta. Yamaha Fazzio Hybrid - Connected sudah dapat dibeli di seluruh dealer resmi Yamaha Indonesia mulai bulan Januari 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya