Suzuki Ajukan Patenkan Sistem SOS untuk Sepeda Motor

Motor Suzuki Katana 2018
Sumber :
  • Suzuki

VIVA –  Suzuki sedang melakukan pengajuan paten akan sistem keselamatan saat mengendarai sepeda motor. Di mana, nanti sistem tersebut akan memberitahu layanan darurat jika motor mengalami kecelakaan parah.

Daftar Harga Motor Matic Suzuki per Mei 2024, Berapa Paling Murah?

Melansir dari Rideapart, sistem SOSJ itu dilengkapi sensor untuk mendeteksi tubuh pengendara. Sistem tersebut akan terhubung dengan ECU dan sensor inersia untuk mendeteksi dan menilai tabrakan.

Mobil Rp100 Jutaan Bensin 25 Km per Liter Sudah Ada di Diler

Sensor juga akan menentukan apakah pengendara berdiri atau di tanah dan posisi tubuhnya pasca-kecelakaan. Jika pengendara bangun beberapa saat setelah kecelakaan, maka sistem tidak akan menandai kecelakaan sebagai parah.

Tapi bila pengendara masih berbaring di tanah dengan waktu lama, maka motor akan melayangkan layanan darurat seberapa lama pengendara motor ini diam tak bergerak. Selain sensor bodi, Suzuki juga menggunakan kunci motor untuk mendeteksi seberapa jauh pengendara motor terpental ketika bertabrakan.

Penjualan Kendaraan Suzuki Melonjak 105 Persen

Apabila pengendara jauh dari motor, maka kecelakaan akan dinilai cukup parah. Sistem SOS juga akan memberi tahu layanan darurat seberapa jauh pengendara terlempar dari motornya, dan meresponsnya.

Diprediksi bahwa pengendara juga akan mengenakan sepatu bot khusus dengan sensor. Sebab jika tak ada kerjasama dengan pembuat pakaian keselamatan, sistem akan kehilangan lapisan informasi yang berharga.

Hingga kini, Suzuki masih mengerjakan sistem SOS tersebut sebelum mendapatkan paten. Belum jelas apakah nantinya semua produk Suzuki akan mendapatkan teknologi ini, namun sepertinya hanya akan ada pada produk premium atau untuk wisata olahraga dan petualangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya