Komunitas Motor Ini Hobinya Keliling Indonesia

Modifikasi Yamaha NMAX
Sumber :
  • Corsa

VIVA – Ratusan bikers berkumpul di lokasi wisata Sukawayana Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merayakan Anniversary ke-6 sekaligus penyematan Nomor Registrasi Anggota (NRA) Max ID Yamaha Max Indonesia.

Viral Pengendara Motor Listrik Bikin Petugas Dishub Kewalahan

Tepat enam tahun lalu di hari yang sama, Minggu 5 Juni 2016, klub motor nasional ini lahir dan menginjak usianya yang sekarang ke-6 tahun. Klub itu rupanya menyimpan kisah inspiratif dalam berkomunitas.

Latar belakang anggotanya beragam, mulai farmasi, pegawai swasta, anggota Polri, TNI, pegiat seni, hingga penghobi modifikasi. Klub ini bermula dari ide 11 orang yang dimotori Syarif Hidayatullah, saat Yamaha meluncurkan Nmax.

Transformasi Guraru dari Acer, Keuntungan yang Didapatkan Guna Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

"Jadi Max ID awal dari nama Nmax ID, berdiri tahun 2016 di Agria Hotel Bogor. Saat itu awal mula pertama  motor Nmax keluar, saya bersama 11 orang," ungkapnya di Bogor, dikutip VIVA Otomotif Rabu 8 Juni 2022.

Lanjut Syarif menceritakan, seiring berjalannya waktu nama Nmax ID mengubah namanya menjadi Max ID. Perubahan nama itu menyusul Yamaha mengeluarkan tipe XMax dan TMax. 

Sejarah Astra Otoparts, Penyedia Komponen Otomotif yang Lagi Naik Daun

"Sehingga member kami bisa dari jenis Yamaha Max yang lain. Berjalan waktu, para pendiri 11 orang ini ada yang sibuk dan kami tinggal berdua,” tuturnya.

Komunitas motor Max ID.

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR (Bogor)

Momen NRA rutin diadakan tiga bulan sekali, di mana Max ID mengadakan touring dan menerima anggota baru. Anggotanya dari Jabodetabek, Banten, dan wilayah Jawa Barat lain seperti  Karawang, Cianjur, Cipanas, Puncak, sampai Sukabumi. 

"Member yang telah teregistrasi sebanyak 630, dan kemarin 30 member dilantik bergabung. Kami pengurus nasional, berterima kasih kepada member yang hadir,” ungkapnya.

Syarif menyampaikan, bikers tak melulu identik dengan kecepatan, modifikasi, hingga touring dan jambore. Berbeda dengan komunitas lain, sejak awal Max ID tidak hanya  bertujuan menyalurkan hobi semata.

"Kami touring ke Lombok membawa misi mengunjungi desa terpencil di wilayah Sasak, melihat helatan MotoGP, sampai keliling perbatasan Indonesia Malaysia dan Brunei," jelasnya.

Max ID tergabung dalam Ikatan Brother Max Independent (IBMI), masuk dalam Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI) dan terdaftar anggota IMI (Ikatan Motor Indonesia) Jawa Barat dengan NRA 871.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya