Pengendara Motor Pakai Sandal Jepit Bisa Dipenjara di Negara Ini

Pengendara motor pakai sendal jepit di India
Sumber :
  • Cartoq

VIVA – Belakangan di Indonesia tengah ramai soal imbauan Polisi yang melarang pengendara motor memakai sandal jepit saat berkendara. Ternyata, di beberapa negara juga ada aturan tersebut bahkan bisa dikenai hukuman kurungan.

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, meminta tak memakai sandal jepit demi meminimalisir fatalitas kecelakaan di jalan. Dengan memakai sepatu bisa menjaga anggota tubuh dari hal-hal yang tak diinginkan.

“Mohon maaf saya bukan men-strassing pakai sendal jepitnya, tidak ada perlindungan pake sandal jepit itu. Karena kalau dia sering pake motor (dengan sandal jepit) kulit itu bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin ada kecepatan. Makin cepat makin tidak terlindungi kita itulah fatalitas,” ujar Firman.

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Walau begitu, dia menegaskan tak ada sanksi tilang untuk pengendara roda dua yang menggunakan sandal jepit. Akan tetapi, nantinya petugas akan memberikan himbauan dan edukasi jika menemukan pengendara menggunakan sandal jepit.

Naik Motor Pakai Sendal.

Photo :
  • Wahana Honda.
Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

“Saya sampaikan kepada anggota kalau ketemu dengan para pengemudi yang masih menggunakan itu (sandal jepit) sarankan untuk meminta perlindungan. Tidak ada sanksi tilang, saya sudah sampaikan untuk ops patuh tahun ini kita sudah dibantu dengan ETLE. Yang ketemu di jalan kita akan berikan edukasi termasuk tadi," ujarnya.

Ternyata di India, pengendara motor yang pakai sandal jepit bisa dikenai hukuman. Dilansir dari Cartoq, berdasarkan Motor Vehicle Amendment Act 2019, pelanggar didenda 1.000 Rupee atau setara Rp200 ribuan.

Jika mengulangi kesalahan yang sama, maka pengendara motor dikenai hukuman kurungan selama 15 hari. Jika di Filipina, selain kena denda, Surat Izin Mengemudi pengendara juga bisa dibekukan masa berlakunya.

Berbeda di Amerika Serikat, tepatnya di Alabama yang mengurangi poin pemilik SIM. Berdasarkan peraturan 35-5A-245 Code of Alabama, pengendara motor diwajibkan memakai sepatu yang aman di atas motor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya