Motor Baru Pesaing Vespa Meluncur, Harganya Bikin Geleng-geleng

Lambreta G350 Special, dan X300
Sumber :
  • Greatbiker

VIVA – Merayakan hari jadinya yang ke-75 tahun, Lambretta merilis dua model skutik terbaru di ajang Milan Design Week, Italia baru-baru ini. Kedua produk terbarunya itu adalah Lambretta G350 Special, dan X300.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Motor matik dengan desain klasik tersebut pertama kali hadir dalam bentuk konsep di ajang EICMA Motor Show 2019. Karena pandemi, pabrikan baru membuat versi produksinya di tahun ini untuk dipasarkan.

Melansir Greatbiker, dikutip Viva Otomotif, Jumat 24 Juni 2022, secara fitur dan mesin kedua skutik asal negeri pizza itu memiliki perbedaan. Untuk Lambretta G350 dibuat lebih mempertahankan kesan retro.

Kapten Timnas U-23 Rizky Ridho Ternyata Anak Vespa, Tunggangi Primavera

Banyak lekukan kotak, atau garis kaku pada sektor depan seperti tameng, spakbor, dan kepalanya yang menjadi rumah lampu utama. Penerangan depan sudah LED, begitu pun lampu pengereman pada bagian belakang.

Spion bulat dibalut krom tetap dipertahankan sebagai unsur klasik, dan bodi yang tidak begitu membulat seperti Vespa masih menjadi ciri khas Lambretta. Dipadukan satu warna dengan jok bahan semi kulit warna cokelat.

Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah

Yang menarik meski memiliki bentuk klasik, namun fitur-fitur moderen dibenamkan. Salah satunya odometer berbentuk kotak yang sudah digital TFT atau layar berwarna. Sementara kuncinya masih konvensional.

Artinya belum smart keyless seperti motor masa kini. Terlihat ada beberapa tempat penyimpanan pada dashboard tengah, sehingga mempermudah penggunanya ketika membawa barang bawaan selain harus memanfaatkan bagasi di balik jok.

Pada sektor kaki-kaki, pelek depan, dan belakang berukuran 12 inci berbahan alloy. Suspensi ganda pada bagian depan membuatnya terlihat unik, berbeda dengan Vespa yang hanya mengandalkan suspensi depan tunggal.

Untuk keamanan, skutik tersebut sudah dilengkapi rem carkam tunggal di depan, dan belakang dengan bantuan teknologi ABS (Anti-lock Braking System) untuk mencegah roda terkunci saat pengereman.

Jantung pacunya, dipersenjatai mesin bensin satu silinder berkapasitas 330cc yang dapat menyemburkan tenaga 24 dk di 7.500 rpm, dan torsi 27 Nm di 6.250 rpm. Tangki bahan bakarnya cukup besar, dapat menampung 9,5 liter.

Sementara untuk Lambretta X300 hadir dengan perpaduan warna berbeda, meski secara bentuk agak mirip namun kapasitas mesinnya lebih kecil, namun tenaganya lebih besar.

Dipersenjatai mesin satu silinder berpendingin cairan dengan volume silinder 275cc, yang dapat memuntahkan tenaga 24,8 dk di 8.250 rpm, dan torsi 24,5 Nm di 6.250 rpm.

Perbedaan lainnya, untuk X300 sudah dilengkapi kunci pintar sehingga tidak perlu lagi memasukkan anak kunci saat ingin menghidupkan motor. Jika melihat spesifikasi kedua skutik tersebut, tentu akan menjadi pesaing ketat Vespa Super Tech 300.

Soal harga juga cukup bersaing, sebab Lambretta G350 dibanderol mulai 7,200 ribu euro atau setara Rp112,8 juta, dan X300 dilego Rp92,4 juta. Di Indonesia GTS 300, atau Super Tech dilego Rp150 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya