Skuter Matik Dominasi Penjualan, Kok Honda Luncurkan Motor Sport?

Tampilan motor baru Honda New CBR250RR di Indonesia
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotuf – PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan Honda CBR250RR terbaru. Apa pertimbangan AHM memutuskan untuk meluncurkan motor sport tersebut, mengingat saat ini pasar sepeda motor di Indonesia masih dikuasai skuter matik.

Marketing Director PT AHM, Thomas Wijaya, mengakui bahwa kontribusi terbesar penjualan motor bagi Honda untuk saat ini adalah skuter matik. Tapi, dia menegaskan bahwa segmen motor sport marketnya tetap ada.

"Lima tahun terakhir kontribusi segmen sport itu masih lima sampai enam persen. Untuk konsumen pasar motor sport ini benar-benar pecinta sepeda motor," ujar Thomas Wijaya, saat peluncuran New CBR250RR, di Karawang, Jawa Barat, Senin 19 September 2022.

Lebih lanjut, Thomas menyebut banyak juga pembeli motor sport ini untuk naik kelas dari motor sport sebelumnya. "Bahkan ada yang tadinya pengguna matik, karena ingin tampil lebih gaya dan bangga pindah ke motor tipe sport," ungkap Thomas.

Soal target penjualan, Thomas menjelas bila AHM menargetkan penjualan Honda New CBR250RR di angka 2.500 unit dalam setahun.
"Khusus untuk New Honda CBR250RR ini, kami menargetkan 2.500 unit terjual selama setahun," katanya.

Dia menambahkan bila target tersebut masih cukup masuk akal untuk motor sport. Sebab daya beli konsumen kini mulai naik lagi, seiring menurunnya kasus covid 19.

"Sementara untuk kapasitas produksinya, New Honda CBR250RR ada di kisaran 9 ribu unit setahun," kata dia.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Motor baru Honda New CBR250RR di Indonesia

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Suzuki Luncurkan Skuter Matik Baru Rp24 Jutaan

Honda CBR2500RR ini sudah bisa dipesan oleh konsumen di diler-diler Honda dan unitnya akan dikiriman di awal Oktober. Honda CBR 250RR baru hadir melalui tiga varian berbeda, yakni Standar yang dijual Rp 62,8 juta, SP yang dibanderol Rp 75,1 juta, dan SP-Quick Shifter yang menyentuh Rp 79,2 juta.
Kawasaki Ninja ZX-25R dan ZX-4RR di Indonesia Kena Recall karena Masalah Rangka?


New CBR250RR varian SP dan SP Quick Shifter dibekali mesin 250cc 2-silinder DOHC 8-katup yang compact, sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimal 31 kW (42 PS) / 13.000 rpm dan torsi maksimum hingga 25 Nm (2,5 kgf.m)/ 11.000 rpm. Mesin 250cc 2-silinder memberikan kelincahan pada CBR250RR sekaligus memperkuat performa sesuai konsep Total Control.

Sebagai motor lightweight supersport, bobot ringan dari New CBR250RR memberikan kemudahan bagi pengendaranya untuk menikmati pengalaman bermanuver yang lebih baik. Motor ini hanya butuh waktu 8.65 detik untuk mencapai jarak 200m dan mampu mencapai kecepatan puncak hingga 175kpj. Catatan waktu ini menempatkan varian terbaru CBR sebagai standar performa tertinggi di kelas super sport 250cc dua silinder.
Booth Astra Honda Motor di IIMS 2024

Penjualan Sepeda Motor Honda Turun

Meskipun mengalami penurunan, Astra Honda Motor masih kokoh di puncak sebagai penguasa pasar sepeda motor Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024