Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Ilustrasi motor bekas
Sumber :
  • Arianti Widya

Depok – Motor sport 150cc memiliki daya tarik tersendiri karena mampu mencerminkan kepribadian yang sporty bagi para pemiliknya. Bagi masyarakat yang memiliki dana terbatas namun ingin memiliki motor sport impiannya, motor bekas (mokas) bisa menjadi solusi.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Namun ternyata, tren saat ini mulai berubah. Banyak orang beralih menggunakan skutik matik dibandingkan motor sport karena beberapa alasan. Salah satunya, motor matik lebih mudah digunakan untuk pengendara pemula. Sementara pengguna motor sport biasanya adalah orang-orang yang sudah berpengalaman dalam berkendara.

Hal ini pun juga diakui oleh pedagang motor bekas Tunas Betawi, Fendy yang menyampaikan bahwa motor sport di kelas 150cc tidak terlalu dicari oleh konsumen untuk saat ini dan penjualannya cenderung agak lambat.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

"(Penjualan) sih agak lambat karena sekarang jamannya matik, ya. Sebenarnya ada saja yang masih cari motor sport 150cc, makannya kita selalu stok barangnya. Cuma memang tidak banyak," ujar Fendy kepada VIVA Otomotif.

Ilustrasi motor bekas

Photo :
  • Arianti Widya
Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Menurut Fendy, hal ini juga dikarenakan motor sport 150cc ini merupakan kendaraan hobi bukan untuk mobilitas sehari-hari.

"Biasanya banyak orang cari motor sport 150cc itu untuk hobi, atau memang sudah suka sekali dengan jenis motor ini. Tapi kalau untuk mobilitas sehari-hari, konsumen carinya motor matik," jelas Fendy.

Kendati demikian, Fendy menambahkan bahwa setiap bulan pasti ada saja yang membeli motor sport 150cc.

"Kalau dilihat tiap bulan, ya pasti ada saja yang beli. Meskipun nggak banyak tapi ada saja karena orang juga melihat harga ya," tambah Fendy.

Untuk jenis motor sport 150cc paling laris, Fendy mengungkapkan Honda CBR150R dan Yamaha R15 cukup diminati.

"Penjualannya sebenarnya sama, cuma kalau di sini banyak yang cari Honda CBR150R dan Yamaha R15," tuturnya.

Adapun, Honda CBR150R dipasarkan mulai dari harga Rp17.5 Juta sampai Rp23.5 Juta. Harga ini tergantung dari tahun pembuatan kendaraan.

"Kalau Yamaha R15, kita jual kisaran Rp17.8 Jutaan,"

Lebih lanjut, salah satu diler motor bekas di Kota Depok, Sahabat Motor juga mengutarakan hal yang sama terkait dengan penjualan motor sport 150cc tidak sebanyak motor matik.

"Motor sport sih slow-moving (penjualannya) tapi ada saja. Cuma lebih karena mungkin sekarang banyak orang yang menggunakan motor matik ya," ujar Akbar, pedagang motor bekas Sahabat Motor kepada VIVA Otomotif.

Meskipun penjualannya slow-moving, tetapi diler motor bekas ini tetap menyediakan stok motor sport 150cc seperti Yamaha R15 dan HondaCBR150.

"Kedua motor sport 150cc ini paling banyak dicari sih makannya kita selalu stok. Jadi sekalinya ada yang cari, langsung ada barangnya," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya