Subsidi Motor Listrik Masih Kurang Diminati Masyarakat

Ilustrasi Motor Listrik.
Sumber :
  • Hindustan Times.

VIVA Otomotif – PT Surveyor Indonesia selaku pihak yang memverifikasi penerima bantuan subsidi motor listrik menyampaikan, bahwa baru ada 114 pengajuan yang terverifikasi mendapatkan subsidi motor listrik.

Gas Murah Bagi Industri Bakal Dilanjut, Pemerintah Diminta Perhatikan Keekonomian Sektor Hulu

Direktur Komersial Surveyor Indonesia Saifuddin Wijaya mengatakan, hal itu karena peminat subsidi motor listrik masih terbilang sedikit, tentu saja ini  sangat disayangkan karena pemerintah memberikan kuota subsidi motor listrik untuk masyarakat sebanyak 200 ribu unit di tahun ini.

Diketahui, program subsidi kendaraan listrik ini sudah berlangsung sejak Maret 2023.

Intip Harga Motor Listrik Polytron, Segini Cicilannya

Media Brief Implementasi Bantuan Pemerintah untuk KBLBB

Photo :
  • Arianti Widya

"Hari ini ada 112 motor yang konsumennya sudah terverifikasi dan sesuai kriteria, dan menunggu proses STNK. Sedangkan 2 nya lagi yang sudah lengkap dapat STNK. Jadi jumlahnya baru ada 114 motor listrik yang terverifikasi," ujar Saifuddin dalam konferensi pers di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Mei 2023.

Utang Pemerintah Maret 2024 Turun Jadi Rp 8.262 Triliun, Begini Rinciannya

Saifuddin menjelaskan bahwa masyarakat kurang minat untuk membeli motor listrik lantaran harus mengikuti persyaratan yang terbilang rumit. Selain itu, pemerintah juga menerapkan seleksi ketat untuk penerima subsidi motor listrik tersebut.

Lebih lanjut, ada empat kriteria masyarakat yang bisa mendapatkan subsidi, mulai dari penerima bantuan subsidi upah (BSU), bantuan produktif usaha mikro (BPUM), penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan penerima subsidi listrik 450-900 VA, ujar Saifuddin.

Adapun bantuan subsidi tersebut berupa potongan harga motor listrik. Per motor listrik masyarakat mendapatkan bantuan sebesar Rp7 juta.

"Jadi masyarakat dapat mendapatkan motor listrik subsidi, dengan melakukan pendaftaran di dealer resmi yang ditunjuk pabrikan motor listrik," ungkapnya.

Sementara itu, dia mengatakan saat ini sudah ada 226 dealer resmi yang menjual motor listrik subsidi. Dealer tersebut sudah memenuhi kriteria yang telah dibuat oleh Kementerian Perindustrian.

Sebagai informasi, motor listrik yang mendapatkan bantuan pemerintah adalah yang diproduksi di Indonesia dengan TKDN 40% atau lebih. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya