Klarifikasi Honda soal Rangka Motor Karatan Jadi Sorotan Netizen

Booth Astra Honda Motor di GIIAS 2023
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Setelah selama beberapa hari menjadi viral, akhirnya PT Astra Honda Motor angkat bicara terkait keluhan konsumen mengenai motor Honda yang rangkanya disebut mengalami karatan atau korosi hingga patah.

Viral! Aksi Badut Doraemon Tangkap Pelaku Kejahatan di Wonosobo

Konsumen itu mengeluhkan kualitas dari rangka enchanced Smart Architecture Frame atau biasa disebut eSAF, yang saat ini digunakan di produk Honda Genio, Honda BeAT, Honda Scoopy, dan Honda Vario 160.

Ada juga yang mengaku, bahwa motor kekasihnya yaitu Honda Vario 160 yang baru saja dibeli sudah mengalami korosi di beberapa titik.

Gak Terima Ditegur saat Merokok, Pengendara Motor Mahal Ini Ngamuk: Jangan Sok Suci

Kondisi motor disebutkan benar-benar baru, dan belum digunakan sama sekali. Tetapi, di beberapa bagian sudah mulai terlihat munculnya korosi alias karat.

VIVA Otomotif: Honda Vario 160 baru yang dikeluhkan sudah berkarat.

Photo :
  • Tangkapan layar Instagram @varionation
Maling Motor yang Todong Pistol Saat Dikerumuni Warga di Bekasi Terancam 20 Tahun Penjara

“Masih ada barcode-nya. Cuma mau nanya, memang motor baru udah pada karatan gitu ya?” tanya pengunggah video, dikutip dari laman Instagram @varionation.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbudin menjelaskan bahwa keluhan yang dialami masyarakat saat ini seperti adanya bercak pada titik pengelasan di motor bukan karat dan tidak berbahaya.

"Ada beberapa konsumen yang mengeluh. Kami ingin menyampaikan bahwa bercak ini bukan karat, tapi lapisan Sillicate yang tidak berbahaya dan tidak menyebabkan keropos," ujarnya di AHM Safety Driving and Training Center, Cikarang, dikutip VIVA Otomotif Rabu 23 Agustus 2023.

Pernyataan tersebut juga diunggah oleh pihak AHM di laman resmi Instagram mereka, @welovehonda_id. Tidak sedikit warganet yang kemudian memberikan komentar mereka, terkait dengan klarifikasi tersebut.

“Tidak menjelaskan banyak yang patah. kontennya blunder,” tulis salah satu warganet.

“Masih belum terjawab loh pertanyaannya kenapa rangka eSAF pada patah padahal penggunaan normal,” kata warganet lainnya.

“Siapa yang abis ntn vidionya malah tambah greget,” komentar netizen.

Sebagai informasi, rangka eSAF pertama kali diterapkan pada produk Honda Genio yang mengaspal perdana di 2019. Produk itu dirancang khusus untuk meningkatkan stabilitas saat berkendara, terutama dalam kondisi berbelok atau bermanuver.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya