AHM Belum Berencana Recall Motor Honda dengan Rangka eSAF

Booth Astra Honda Motor di GIIAS 2023
Sumber :
  • Arianti Widya

Cikarang – Belakangan ini, viral di media sosial terkait kekecewaan para pemilik motor Honda terhadap kendaraan yang baru mereka beli, yaitu adanya bercak kuning seperti karat pada bagian titik pengelasan atau rangka di motor sejak penggunaan rangka eSAF (enhanched Smart Architecture Frame). 

Penjualan Mobil Nasional April 2024 Kembali Anjlok, Merosot 28,4 Persen

Rangka eSAF diperkenalkan pada 2019 dan digunakan di produk Honda Genio, Honda BeAT, Honda Scoopy, dan Honda Vario 160. Menanggapi hal ini, pihak PT Astra Honda Motor (AHM) menepis berita viral ini dengan mengatakan bahwa bercak kuning itu bukan karat, melainkan lapisan Sillicate. 

"Ada beberapa konsumen mengeluh terkait dengan temuan bercak kuning di motor baru Honda. Kami ingin menyampaikan bahwa bercak ini bukan karat, tapi lapisan Sillicate yang tidak berbahaya dan tidak menyebabkan keropos," jelas Ahmad Muhibbudin selaku General Manager Corporate Communication AHM di AHM Safety Driving and Training Center, Cikarang, Jawa Barat, dikutip VIVA Otomotif Kamis 24 Agustus 2023.

Pemuda di Sukabumi Bunuh Ibu Kandung Pakai Garpu Tanah, Alasannya Kesal Tak Dibelikan Motor

Perwakilan AHM, Ahmad Muhibbudin dan Subhan

Photo :
  • Arianti Widya

Berkaitan tentang solusi dari keluhan yang akan diberikan oleh AHM, Muhibbudin mengatakan bahwa pihaknya belum ada rencana recall atau penarikan kembali skutik dengan rangka eSAF ini. 

Deretan Motor Honda yang Bensinnya Super Irit per Mei 2024

"Kami belum memiliki rencana recall, tentu kami akan berusaha proaktif cepat dan sigap dalam menanggapi keluhan yang disampaikan oleh konsumen," tuturnya. 

Menurutnya, Honda sudah melakukan proses uji kualitas dan telah melalui pengujian ketat terhadap kendaraan sebelum dipasarkan ke konsumen. 

Muhibbudin meminta untuk para konsumen yang mengalami kendala atau keluhan jangan ragu untuk datang ke bengkel resmi, "Kami bersama jaringan akan proaktif membantu dan memeriksa keluhan yang disampaikan konsumen di sepeda motor nya," 

Berkaitan dengan garansi motor Honda yang sudah lewat 1 tahun atau 10.000 kilometer, pihak AHM belum memastikan secara pasti dengan adanya garansi ini, menurut Muhibbudin, AHM secara bisnis sangat ketat terutama untuk masa garansi kerangka itu hanya satu tahun. 

VIVA Otomotif: Rangka eSAF motor Honda

Photo :
  • Dok: AHM

“Nanti kita coba lihat lebih detail penyebabnya apa, kita lihat apa nanti ada kebijakan khusus terkait masalah ini ketika memang sudah habis garansi. Karena, secara bisnis kita (AHM) sangat strict dengan masa garansi untuk kerangka itu hanya satu tahun,” jelasnya. 

Sebagai informasi, rangka eSAF dirancang khusus untuk meningkatkan stabilitas saat berkendara terutama dalam kondisi berbelok atau bermanuver. eSAF hadir dengan bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan model rangka sebelumnya. 

Hal itu memiliki dampak positif pada performa keseluruhan sepeda motor, termasuk efisiensi konsumsi bahan bakar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya