Tips Jaga Motor Tetap Fit Saat Musim Hujan

Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id - Tak hanya manusia yang harus dijaga agar tetap sehat dan bugar. Kendaraan juga harus dirawat supaya nyaman dipakai. Apalagi, sekarang musim hujan. Anda harus ekstra dalam merawat kendaraan.

Mau Bayar Pajak STNK Tapi Pemilik Motor Sudah Meninggal, Gini Cara Ngurusnya

Service Education Manager Yamaha Motor Indonesia, Ridwan Arif, membagi trik dan tips kepada pembaca VIVA.co.id, bagaimana merawat kendaraan saat musim hujan. Berikut tipsnya.

Pertama, setelah kehujanan, ada baiknya Anda menyempatkan mencuci dulu begitu sampai rumah. Atau, bila Anda terlalu capai, cukup semprot dengan air tekanan tinggi ke kaki-kaki, bagian mesin, dan bodi kendaraan.

Jangan Cuek, Penting Cek Kondisi Ban Mobil Usai Dipakai Perjalanan Jauh

"Ini supaya motor tidak mudah berkarat," katanya di sela uji Yamaha Xabre di Sirkuit Sentul Bogor,  Senin 1 Februari 2016.

Kedua, cek kondisi rem sesering mungkin. Saat hujan, lebih rawan bermasalah dibanding musim kemarau. Karena itu, sempatkan waktu mengecek rem, karena ini bagian yang sangat vital.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Ketiga, jaga kondisi tekanan ban. Jangan terlalu lembek dan jangan pula terlalu keras. Sebab, jika terlalu keras mudah terpeleset.

Keempat, jaga ban jangan sampai polos. Jika batik ban sudah sedikit pudar, lebih baik segera ganti agar daya cengkeram ban lebih optimal.

Kelima, bagi Anda pengguna sepeda motor non-CVT, ada baiknya sering periksa rantai. Air hujan sangat cepat bikin rantai karatan. Periksa juga ketegangan rantai, jangan sampai terlalu kendor. "Paling aman kerenggangan rantai tidak lebih dari 35 mm," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya