Lima Fakta Menarik Motor Petualang BMW Versi 'Murah'

BMW G 310 GS
Sumber :
  • Bikesindia

VIVA.co.id – Pasar sepeda motor di negara-negara berkembang yang cukup tinggi membuat BMW Motorrad tertarik untuk mencari peruntungan.

Ini Motor Paling Mahal di Pameran IIMS 2024

Bekerja sama dengan pabrikan motor asal India, TVS, BMW menghadirkan motor bermesin 313cc yang diberi nama G 310 R.

Sayangnya, motor tersebut hingga kini belum bisa dibeli oleh konsumen. BMW rencananya akan mulai mendistribusikan G 310 R ke beberapa negara pada akhir tahun ini.

Suzuki Hadirkan Motor Adventure Penerus Legenda Paris Dakar

Meski G 310 R belum dijual secara umum, namun BMW rupanya sudah menyiapkan satu motor baru lagi. Motor baru yang dimaksud adalah GS 310.

Dari kode yang digunakan, terlihat jelas bahwa seri GS adalah pengembangan dari seri G. BMW biasanya memakai kode GS untuk motor-motor yang mengusung desain adventure atau petualang.

Motor Adventure Retro Bertenaga 450cc Segera Meluncur

G 310 R dan GS 310 diproduksi oleh TVS, dengan harapan bisa dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Menurut info yang didapat VIVA.co.id dari sumber internal BMW Motorrad, harga jual G 310 R sekitar Rp80 jutaan.

Tidak hanya sekedar isu, GS 310 juga sudah tertangkap kamera sedang diuji jalan. Dilansir dari Bikesindia, Senin 7 November 2016, dari foto yang beredar di dunia siber, ada lima fakta menarik soal motor tersebut.

  1. Posisi berkendara GS 310 relatif lebih tegak ketimbang G 310 R. Posisi ini memang ideal untuk perjalanan jarak jauh. Selain itu, tubuh pengendara juga bisa menyerap guncangan dengan lebih baik.
  2. Pelindung yang terpasang pada bagian bawah mesin menunjukkan, GS 310 dirancang untuk mampu melintasi jalur off-road, tanpa perlu khawatir ada komponen mesin yang rusak terantuk batu.
  3. Rangka trellis yang digunakan membuktikan bahwa BMW berusaha agar bobot GS 310 tidak seberat motor di kelasnya.
  4. Tabung suspensi tinggi sengaja disematkan agar motor bisa melaju di jalur berbatu dengan kencang, tanpa perlu takut motor tersangkut di gundukan.
  5. Tangki bensin yang cukup besar membuat motor ini bisa dibawa ke daerah pelosok yang jauh dari stasiun pengisian bahan bakar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya