Honda PCX Versus Yamaha NMAX, Siapa Juaranya?

Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Persaingan Honda dan Yamaha di pasar roda dua Tanah Air semakin sengit. Dua pabrikan motor asal Jepang ini terus bersaing dengan meluncurkan produk-produk unggulannya. Persaingan mengerucut pada skuter bertubuh bongsor, PCX, dan NMAX.

Yamaha Sambut Positif Kehadiran Pertamax Turbo

Honda PCX dan Yamaha NMAX sekilas tampak mirip. Bahkan, kapasitas mesin keduanya juga identik. Tak heran, jika rumor munculnya NMAX memang untuk merecoki seteru abadinya, Honda, yang lebih dulu menghadirkan All-New PCX-nya.

Berbicara eksterior, Honda PCX dan Yamaha PCX mengusung konsep skutik premium, yang dimensinya lebih besar ketimbang skutik lain seperti Vario, atau Mio. Bila dibandingkan dengan NMAX, dimensi PCX sedikit lebih kecil, namun bobotnya lebih berat.
Modifikasi Honda Odyssey: Bunglon yang Mudah Bergaul

Yamaha NMAX dan Honda PCX, dihadirkan untuk memberikan kenyamanan berkendara lebih baik dengan bodi yang lebih besar.

Untuk Honda PCX, terdapat windshield yang cukup besar, sehingga mampu melindungi pengendara dari hembusan angin, atau cipratan air dari motor yang ada di depan.

Modifikasi Honda Odyssey, Sangar Tapi Tetap Fungsional

Selain itu, Honda membagi jok menjadi dua bagian, sisi depan dibuat sedikit lebih rendah dan dibatasi dengan lekukan jok bagian belakang, sehingga pengendara yang tak memiliki badan cukup tinggi, dapat dengan nyaman menggunakan motor ini.

Desain lampu depan PCX cukup unik, membentuk semacam sayap khas logo Honda. Lampu depan sudah menggunakan teknologi LED, sehingga pemakaian aki dapat lebih hemat. Sementara itu, lampu rem belakang berukuran sangat besar dan mudah dilihat dari kejauhan.

Sedangkan Yamaha NMAX, memiliki jarak jok dengan setang juga cukup ideal, sehingga membuat riding terasa tak melelahkan. NMAX memiliki setang yang cukup ringan untuk digerakkan. Untuk desain setang, Yamaha tampaknya terinspirasi dari produk kendaraan air mereka, yaitu jetski.

Terdapat dua pilihan pijakan, yang terdapat di motor berbodi montok ini. Pilihan pertama, jika ingin berkendara dengan cara mainstream, pijakan kaki seperti biasa berada di dek bawah. Pilihan kedua yakni comfort riding, dengan pijakan kaki di dek depan. Dengan posisi ini, kaki dapat selonjor dan membuat riding santai tak melelahkan.

Yamaha R25 versi ABS

Motor Yamaha Cocok Diisi Pertamax Turbo?

Yamaha masih melakukan pengkajian terhadap Pertamax Turbo.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016