Hati-hati Naik Motor Pakai Baju Panjang, Bahaya Mengintai

Sejumlah model di Maroko berpose menggunakan sepeda motor
Sumber :
  • Hassan Hajjaj

VIVA – Sepeda motor saat ini tidak hanya menjadi alat transportasi pilihan kaum pria, tetapi juga perempuan. Jenis kendaraan roda dua yang dipilih kaum hawa pun beragam, mulai dari skuter matik, bebek, hingga motor sport.

Viral Caleg PKB Konvoi Motor Tanpa Helm, Polisi Ciut Tak Berani Tilang

Sayangnya, masih banyak perempuan yang kurang peduli dengan keselamatan saat berkendara di jalan raya, seperti menggunakan baju sangat panjang yang dapat menimbulkan kecelakaan karena berpotensi terlilit pada kendaraan. 

Menurut Pengamat Otomotif dari Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus, penumpang maupun pengendara sebaiknya lebih memerhatikan pakaian yang digunakan dari sisi safety riding. 

Viral Anjing Diseret hingga Kakinya Berdarah, Akhirnya Naik Motor

"Pertama wanita yang mengenakan pakaian muslimah 'burqa' wajib memperhatikan aspek safety, baik sebagai pengemudi apalagi sebagai penumpang. Karena bagian bawah burqa yang panjang itu sulit dikendalikan arah geraknya akibat terkena angin," katanya kepada VIVA. 

Potensial pakaian tersangkut pada roda motor sangat besar apabila tidak diperhatikan dengan baik. Hal itu tentu menjadi salah satu penyebab kecelakaan fatal apabila tidak diperhatikan dengan baik. 

Chris Hemsworth Pamer Liburan di Bali, Netizen Salfok: Dewa Petir Aja Pakai Helm Pas Naik Motor

"Pakaian dapat terkait atau tersangkut pada gear atau jari-jari belakang motor. Dan bila sudah tersangkut, maka secara otomatis ia akan menarik pengguna motor dengan kecepatan tinggi hingga terjatuh. Bayangkan bila ini terjadi pada kecepatan tinggi. Wanita tersebut dapat mengalami kecelakaan fatal," ujar Yannes menjelaskan.

Dua bocah SD asal Sampang Madura nekat naik ke motor ke Jakarta

Bocah SD Asal Sampang Madura Nekat Naik Motor ke Jakarta, Disetop Polisi di Semarang

Dua bocah SD asal Sampang Madura naik motor berbekal uang Rp 100 ribu, menempuh perjalanan ratusan kilometer untuk menemui kerabat dekatnya di Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
22 November 2023