Pakai Ban Balap untuk Trek Basah saat Hujan, Siap-siap Rugi Bandar

Ilustrasi ban yang khusus dipakai saat balap motor.
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA – Saat musim hujan, pengendara motor perlu lebih hati-hati dengan kondisi jalan basah. Potensi mengalami selip atau tergelincir cukup besar, karena daya cengkeram ban kurang maksimal.

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

Beberapa ada yang mengakalinya dengan memasang ban balap khusus trek basah. Hal itu dilakukan, dengan harapan manuver yang dilakukan bisa lebih baik.

Marketing Communications Department Head Planet Ban, Bagus Ardian mengatakan, sejatinya ban untuk balap memang tersedia dalam dua varian, disesuaikan dengan kondisi cuaca.

Siap-siap Kaget, Ini Efek Campur Nitrogen dengan Angin Biasa di Ban Motor

"Ada wet tire dan dry tire untuk balap. Tapi kalau untuk motor sehari-hari, cari ban yang spesifikasinya untuk harian, bukan balap. Ban untuk harian memiliki kembang lebih banyak dan lebih dalam," ujarnya di Jakarta, Senin 14 Januari 2019.

Bagus menjelaskan, ban balap khusus jalanan basah memang mempunyai kembang lebih dalam, agar pembuangan airnya maksimal. Tapi ketika dipakai di jalan kering, ban tersebut lebih mudah terkikis aspal.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Penyebab Ban Motor Baru Terasa Licin

Hal senada juga disampaikan Senior Brand Executive and Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, Dodi Yanto. Dia mengatakan, tidak direkomendasikan ban balap untuk sehari-hari, karena komponnya berbeda.

"Tidak ada ban balap yang bekerja maksimal untuk dua kondisi yang berbeda. Masing-masing memiliki spesifikasi khusus. Jika digunakan harian, tidak cocok. Sebab, tidak mungkin mengganti ban di jalan saat hujan turun," tuturnya kepada VIVA. (dhi)

Vespa matic di towing

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Radyan Mahandya Putra dari Scooter VIP kasih tips jika meninggalkan Vespa Matic di rumah saat mudik lebaran yang patut Anda lakukan.  Salah satunya isi bensin yang penuh.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024