Ganti Kaca Belakang Mobil dengan Defogger, Ini Kisaran Biayanya

Ilustrasi kaca belakang mobil
Sumber :
  • Allstateglassco

VIVA – ?Defogger adalah alat berfungsi menghilangkan kabut atau embun pada kaca mobil bagian belakang. Dengan menggunakan fitur ini, visibilitas pengemudi saat melihat ke arah belakang bakal lebih jelas.

Kaca Mobil Bisa Pecah Mendadak, Ini Penyebabnya

Pada dasarnya, defogger terbuat dari kawat tipis, yang berfungsi sebagai kondensator panas, sehingga suhu kaca terjaga dan embun tidak terbentuk akibat perbedaan temperatur antara bagian luar dan dalam kabin. 

Untuk menggunakan defogger?, caranya terbilang mudah. Cukup dengan menekan tombol bergambar tiga panah melengkung yang terletak di dasbor. Keberadaan defogger? dinilai bermanfaat, ketika berkendara di musim hujan.

Terlalu Sering Poles Kaca Mobil Bisa Berdampak Negatif

Namun, tidak semua kendaraan bermotor roda empat dilengkapi dengan fitur ini. Mengingat letak Indonesia yang secara geografis berada di titik tropis, menyebabkan fitur ini tak sering digunakan.

"Kalau di Indonesia, sifatnya nice-to-have. Ada ya syukur, tidak ada juga tak masalah. Kalau memang berkabut, tinggal nyalakan wiper saja," Ungkap Head Product Improvement PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriadi, Jumat 15 Februari 2019.

Begini Cara Buka Kaca Mobil yang Benar agar Irit BBM

Selain karena pemanfaatan yang tidak maksimal di Indonesia, faktor menghemat ongkos produksi juga jadi alasan, mengapa fitur defogger? mulai ditinggalkan.

Saat dioperasikan, fitur ini memerlukan daya listrik tambahan. Jenis kaca yang digunakan juga khusus, yang bisa menahan panas akibat adanya panas yang muncul dari kawat. Harga kaca jenis ini lebih mahal dari model biasa.

"Harga kaca biasa berada di kisaran Rp800 ribu. Sementara kalau dengan deffoger, totalnya jadi Rp1,5 juta," tuturnya. (yns)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya