Ini Alasan Pelek Motor Trail Beda Diameternya

Motor trail KTM.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Sepeda motor trail memiliki tampilan gagah dan kemampuan melibas medan off-road. Hal ini  didukung jarak pijak yang tinggi, serta penggunaan ban pacul sebagai standarnya. 

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Namun, belum banyak yang belum mengetahui, jika motor tersebut memiliki ukuran yang berbeda antara roda dan belakang. Biasanya, roda depan menggunakan pelek berdiameter lebih besar dibandingkan pelek belakang.

Department Training Sales PT Sumi Rubber Indonesia (Surindo), Ibnu Baskoro mengatakan, perbedaan ukuran roda depan dan belakang pada motor trail sudah dirancang sesuai spesifikasi motornya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Diameter roda depan lebih besar, karena  pada motor trail, untuk meredam guncangan adalah ban depan. Ban belakang untuk membantu saat belok," kata Ibnu di sela peluncuran ban Dunlop DGX-01 di Jakarta, Kamis 21 Februari 2019.

Ilustrasi ban motor trail

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Penggunaan ban dan pelek dengan diameter lebih besar pada motor trail, kata Ibnu, sangat membantu ketika motor dikendarai di jalanan tak rata atau bergelombang, seperti trek kompetisi motor trail.

"Selain itu, dengan jarak main suspensi depan yang lebih panjang, maka membutuhkan diameter lebih besar pada rodanya, supaya mudah melibasnya," tuturnya.

Sebagai ilustrasi, dalam kondisi standar ,Honda CRF 150L menggunakan ban diameter 21 inci untuk depan, serta ukuran 18 inci untuk roda belakang. Begitu juga dengan Kawasaki KLX 150, yang menggunakan ban berdiameter 19 inci di depan dan 16 inci di belakang. (yns)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya