Catatan Penting Bagi Pemilik Suzuki Ertiga Hybrid Jika Ingin Awet

All New Suzuki Ertiga Hybrid
All New Suzuki Ertiga Hybrid
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA Otomotif - Suzuki Ertiga Hybrid menjadi mobil Low MPV, atau Multi Purpose Vehicle pertama di Indonesia yang memiliki teknologi mild hybrid. Ditawarkan dalam dua varian, dengan harga Rp270,300 juta, dan Rp292,300 juta.

Berkat teknologi tersebut Suzuki Ertiga Hybrid iklaim lebih ramah lingkungan. Mengandalkan baterai lithium-ion berdaya enam ampere, dikawinkan dengan ISG (Integrated Starter Generator) sebagai pengganti alternator.

Baterai lithium-ion Suzuki Ertiga Hybrid

Baterai lithium-ion Suzuki Ertiga Hybrid

Photo :
  • Suzuki Indonesia

Fungsi ISG mampu memberikan dorongan tenaga saat mobil mulai berjalan, dari kondisi diam tanpa perlu menguras banyak bensin. Komponen tersebut bekerja berkat saluran listrik dari baterai yang dimilikinya tersebut.

Baterai pada Suzuki Ertiga Hybrid juga berfungsi untuk menghidupkan beberapa fitur elektronik. Sehingga dapat meringankan beban kerja mesin, dan diklaim dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan emisi gas buang.

Selain itu mobil Low MPV buatan lokal tersebut juga disematkan teknologi engine auto stop, di mana mesin akan mati otomatis saat kondisi macet, atau berhenti di lampu merah.

Dengan begitu tidak ada bahan bakar yang terbuang, karena mesin tidak perlu hidup setiap saat mobil berhenti. Mesin akan kembali hidup ketika menginjak pedal kopling untuk transmisi manual, dan rem transmisi matik.