Jangan Kaget, Segini Harga Aki Toyota Alphard dan Vellfire

Toyota Alphard 2021
Toyota Alphard 2021
Sumber :
  • Dok: Toyota

VIVA Otomotif– Setiap kendaraan bermotor membutuhkan aki, yang fungsinya menyimpan arus listrik untuk digunakan oleh komponen kelistrikan, mulai dari lampu hingga busi.

Dengan semakin canggihnya perkembangan dunia otomotif, maka semakin banyak juga komponen kelistrikan yang dipasang di mobil.

Contohnya seperti sensor pencegah tabrakan, sampai sistem audio dengan banyak speaker yang suaranya menggelegar. Hal itu membuat aki menerima beban yang sangat berat, sehingga kondisinya harus tetap terjaga agar bisa terus digunakan hingga lama.

Cara paling mudah untuk mewujudkan hal itu, yakni dengan melakukan perawatan berkala. Meski kini sudah ada aki mobil jenis bebas perawatan, namun bukan berarti komponen tersebut bisa dipasang dan diacuhkan begitu saja.

Pemilik mobil tetap harus memantau kondisi fisiknya, apakah bebas dari oksidasi seperti jamur dan oksidasi. Sama seperti komponen lainnya pada mobil, aki juga memiliki umur pakai.

Apabila aki dibiarkan lama tidak dipantau kondisinya, maka kemampuan menyimpan listriknya bisa turun dan berdampak pada mesin mobil tidak bisa dihidupkan.

Jika kondisi aki menyimpan setrum sudah di bawah 90 persen, maka jalan satu-satunya adalah mengganti dengan yang baru.