Ini Penyebab Alarm Mobil Sering Tiba-tiba Bunyi

Ilustrasi kunci remote mobil.
Sumber :
  • Cars.com

VIVA Otomotif – Saat ini beberapa kunci kendaraan telah disematkan alarm, termasuk mobil. Komponen tersebut berfungsi sebagai pertanda saat kendaraan berada dalam bahaya.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Namun, ada beberapa hal lain yang menyebabkan alarm kunci sering bunyi. Hal itu dikarenakan, ada sesuatu yang menjadi pemicunya. Misalnya ketika menutup pintu yang tidak rapat bisa memicu alarm berbunyi.

Itu sebabnya pemilik mobil perlu lebih berhati-hati ketika ingin meninggalkan mobil. Lantas, penyebab apa kunci alarm sering bunyi? Dirangkum VIVA dari Auto2000, Selasa 20 September 2022, ada beberapa penyebab lainnya alarm sering bunyi.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Ilustrasi kunci mobil Keyless

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

Penyebab pertama adalah baterai remote mau habis. Diketahui, baterai tersebut memiliki fungsi untuk mengunci semua pintu mobil hanya dari satu tombol saja. Ketika baterai habis pada saat ingin membuka pintu mobil secara manual maka alarm akan berbunyi . 

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Penting diketahui, membuka pintu manual menjadi pemicu bagi alarm untuk aktif dan menandakan ada sesuatu yang salah. Jadi jika tidak ingin alarm berbunyi maka pemilik harus segera mengganti baterai central lock dengan membawanya ke jasa ahli service kunci mobil terpercaya.

Selain itu, penyebab selanjutnya adalah sensor kap mesin rusak. Keberadaan sensor di kap mesin berguna untuk memastikan tidak lupa menutupnya. Sensor ini bekerja seperti pintu yang perlu ditutup dengan rapat supaya alarm tidak berbunyi. Tetapi sebaliknya ketika sensor kap mesin mengalami rusak, maka bisa menyebabkan alarm terus berbunyi.

Untuk penyebab lainnya yakni terdapat gangguan frekuensi alarm. Alat ini sudah dirancang untuk berbunyi ketika menekan tombol di remote control . Tetapi frekuensi tersebut bisa saja menjadi terganggu saat berada di area yang mengeluarkan frekuensi lainnya . 

Contohnya seperti tower listrik yang bisa mengganggu frekuensi alarm. Jika hal ini terjadi , pemilik tidak perlu menggantinya . Coba tekan tombol alarm pada remote control untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi normal. Dekatkan remote control dengan mobil supaya alarm bisa menangkap frekuensi yang tepat.

Penyebab terakhir adalah instalasi alarm tidak sesuai. Perlu diingat bahwa alarm kunci juga bisa berbunyi sendiri apabila pemasangannya tidak sesuai. Itu sebabnya sangat penting untuk mengganti alarm mobil di tempat terpercaya. Nantinya teknisi akan memasang dan memastikan semua komponen dipasang dengan benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya