Cara Mudah Persiapkan Mobil untuk Liburan Akhir Tahun

Ilustrasi mengemudi mobil
Sumber :
  • Dok: HMID

Jakarta, 5 Desember 2023 – Musim liburan akhir tahun sebentar lagi tiba. Bagi sebagian orang, liburan panjang merupakan momen yang ditunggu-tunggu untuk melepas penat dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Spek dan Harga 7 Mobil Mewah Harvey Moeis yang Disita Kejagung, Rolls-Royce sampai Ferrari

Namun agar momen liburan berjalan lancar dan menyenangkan, penting untuk mempersiapkan segala keperluan dengan matang, termasuk kondisi mobil yang akan digunakan untuk menempuh perjalanan.

Dengan memastikan kendaraan dalam kondisi optimal, kamu bisa mencegah potensi masalah teknis yang dapat mengganggu kenyamanan perjalanan.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta, Bandung, Bekasi, Bogor Senin 29 April 2024

Selain itu, kondisi kendaraan yang prima juga dapat menjamin keamanan dan keselamatan seluruh anggota keluarga.

Ilustrasi mengecek atau memeriksa mesin mobil

Photo :
  • Dok: HMID
Resmi Debut di Auto China 2024, Begini Spesifikasi Jaecoo J7 PHEV

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan kendaraan sebelum liburan panjang, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi Hyundai Indonesia:

1. Kondisi dan kelayakan mesin untuk memastikan performa kendaraan optimal
Pastikan mesin berfungsi dengan baik dengan cek kondisi mesin secara menyeluruh. Komponen yang perlu dicek salah satunya adalah oli dengan melihat tingkat keenceran, besaran volume oli dengan bantuan dipstick oli. Periksa level oli ada pada sekitar pertengahan titik maksimum dan minimum.

2. Kondisi kelistrikan untuk mendukung kenyamanan perjalanan
Bagian kelistrikan menjadi hal penting yang harus dicek dan dirawat sedemikian rupa. Alasannya, kondisi kelistrikan dapat memengaruhi kinerja komponen dan fitur kendaraan lain, mulai dari lampu, sistem hburan, hingga sistem starter. Pentingnya kinerja kelistrikan yang prima membuat aki mobil perlu dicek, termasuk volume dari air aki.

3. Kondisi ban dan rem untuk menjamin keselamatan diri dan keluarga
Musim liburan biasa dihabiskan dengan pergi ke luar kota. Nah, selama perjalanan jauh ini, rem mobil akan sering digunakan dan dapat mengalami aus berlebih karena beban kerja yang lebih berat. Karenanya, penting untuk cek kampas, rotor, hingga minyak rem dan melakukan penggantian bila diperlukan.

Cek juga tekanan ban dengan mengacu pada panduan di sela pintu pengemudi. Pastikan ban masih jauh dari Tread Wear Indicator (TWI) yang tersedia pada beberapa jenis ban.

4. Kondisi kaki-kaki untuk menjaga pengalaman berkendara
Saat melakukan perjalanan selama liburan, ada baiknya kita bersiap untuk menghadapi berbagai kondisi jalan. Pastikan juga komponen kaki-kaki lain tidak menimbulkan suara berlebih. Jika diperlukan, lakukan spooring and alignment agar roda dan kaki-kaki tetap aman dan nyaman untuk berkendara.

5. Ketersediaan perlengkapan darurat untuk mengantipasi situasi di luar dugaan
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan liburan, pastikan kamu menyimpan berbagai perlengkapan darurat di dalam kendaraan, seperti segitiga pengaman, perangkat pemadam api, dan P3K.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya