Waspada Angin Kencang dan Bensin, Ini Tips Aman Lewat Tol Layang MBZ Jelang Tahun Baru

Jalan tol layang MBZ.
Sumber :
  • Dok. Jasa Marga.

Jakarta, 31 Desember 2023 – Libur Tahun Baru sudah di depan mata. Bagi mereka yang berencana liburan ke luar kota melalui Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II (Elevated) atau Jalan Tol Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ), ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Jalur ini memang menjanjikan waktu tempuh lebih cepat, namun ada risiko seperti tabrakan beruntun atau ban pecah karena kondisi jalan yang unik.

Persiapan Mobil dan Diri Jadi Kunci

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Sebelum melintasi jalan sepanjang 36 km ini, pastikan kondisi mobil Anda prima. Cek ban, mesin, dan panel indikator. Nur Imansyah Tara dari Auto2000, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi mengingatkan, jika ada masalah sebaiknya gunakan jalur tol biasa di bawahnya. Servis berkala di bengkel resmi bisa jadi solusi praktis untuk memastikan mobil prima.

Servis mobil Toyota di Auto2000

Photo :
  • Auto2000
Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Persiapan pengemudi dan penumpang juga tak kalah penting. Kewaspadaan dan fokus tinggi dibutuhkan mengingat kontur jalan naik-turun dan angin kencang yang sering berembus. Pastikan Anda fit dan penumpang merasa nyaman karena tidak ada rest area untuk beristirahat atau berganti pengemudi.

Kehabisan Bensin dan Angin Kencang, Musuh Utama di Tol Layang MBZ

Jangan sampai kehabisan bensin di jalan ini! SPBU terdekat dari arah Jakarta baru tersedia di KM 57 arah Cikampek. Artinya, Anda baru akan menemukan pom bensin setelah menempuh jarak sekitar 46 km. Pastikan indikator bensin minimal seperempat.

Salah satu risiko unik di Tol Layang MBZ adalah angin kencang dari samping. Tetap tenang dan jangan panik jika merasakannya. Kurangi kecepatan secara perlahan dan arahkan kemudi ke arah yang benar sesuai marka jalan. Hindari pengereman mendadak yang bisa berisiko mengakibatkan tabrakan beruntun.

Patuhi Aturan dan Jaga Jarak Aman

Batas kecepatan di Tol Layang MBZ adalah 80 km/jam. Patuhi aturan ini dan gunakan lajur kiri jika kecepatan Anda di bawah batas minimum. Waspada terhadap sambungan antar bagian jembatan yang dapat membuat mobil melompat atau ban bocor jika dilewati dengan kecepatan tinggi.

Bahu jalan di Tol Layang MBZ sangat terbatas. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan untuk memberikan ruang manuver jika terjadi masalah. Dan yang tak kalah penting, jangan pernah menggunakan bahu jalan untuk mengemudi atau mendahului, apalagi dalam kondisi kecepatan tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya