Tips Ampuh Merawat Mobil 'Jadul'

Ferrari jadul ini masuk daftar mobil termahal
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA.co.id - Banyak alasan mobil klasik atau 'jadul' masih digemari beberapa orang. Namun tak dipungkiri faktor usia membuat mobil-mobil 'jadul' dianggap sangat merepotkan dalam hal perawatan.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Mobil-mobil jadul ini tentu membutuhkan perawatan khusus, sehingga dibutuhkan tips untuk menjaga mobil kesayangan. Dan tips dari Ekky, pemilik bengkel Jayapura Duta Mas di daerah Fatmawati ini, dapat menjadi perhatian.

"Sebenarnya merawat mobil tua itu tidak terlalu sulit, namun kita memang dituntut untuk lebih perhatian,” kata Ekky kepada VIVA.co.id, Rabu 1 April 2015. Menurut Ekky, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berikut lima cara ampuh untuk merawat mobil klasik atau 'jadul' menurut Ekky:

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

1. Lebih teliti mengganti oli

Hal ini harus benar-benar diperhatikan karena oli sangat penting untuk memberikan perlindungan bagi mesin kendaraan. Mobil 'jadul' tentu lebih baik apabila melakukan pergantian oleh setiap menempuh jarak 2.500 km.

2. Selalu periksa kaki-kaki mobil.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Mobil-mobil tua rata-rata rentan bermasalah pada kaki-kaki mobil. Hal itu ditandai dengan bunyi yang tentu sangat mengganggu. Perawatan dan pengecekan berkala dibutuhkan untuk bagian ini.

3. Rawat cat Mobil

Mobil tua biasanya akan punya cat yang memudar. Untuk mengatasi itu, pengecetan ulang perlu dilakukan. Masalahnya kualitas pengecatan ulang tentu tak semulus dan sebagus aslinya. Karena itu usahakan memakai penutup atau pelindung mobil saat tengah diparkir.

4. Perhatikan kabel-kabel mobil

Masalah lain yang kerap timbul pada mobil tua adalah gangguan sistem elektriknya. Kabel terkadang tidak dalam kondisi bagus dan kerap memicu konsleting pada mesin.

5. Perhatikan ring sekher

Permasalahan pada mobil tua juga terjadi pada ring sekher. Perawatan dan pemeriksaan berkala diperlukan untuk menghindari kendaraan tiba-tiba mogok di tengah jalan.

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya