Solusi Usir Bau Apak di AC Mobil

AC mobil (Ilustrasi).
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Beberapa pemilik kendaraan pasti pernah mengalami apaknya bau udara yang keluar dari pendingin kabin (AC) mobil.

Dua Kesalahan Besar Saat Nyalakan AC Mobil, Wajib Tahu

Meskipun tidak berlangsung lama, tetapi hal ini akan berulang saat menghidupkan AC mobil. Jangan anggap remeh kondisi ini, karena selain menimbulkan bau tak sedap, juga dapat mengganggu kesehatan tubuh, terutama sistem pernapasan.

Bau tidak sedap atau bau asam diakibatkan adanya kotoran yang menumpuk di filter AC dan dalam kabin mobil. Kotoran ini biasanya menempel di karpet, kursi atau celah-celah di dalam kabin mobil.

Penjelasan Kenapa Rokok Bikin AC Mobil Cepat Rusak

Jamur dan bakteri yang menempel di saluran AC mobil juga dapat menimbulkan bau kurang sedap. Lembapnya daerah sekitar evaporator mengakibatkan jamur dan bakteri mudah berkembang biak.

Mengatasi bau tak sedap dan bau asam dilakukan dengan menjaga kebersihan kabin mobil. Caranya sebagai berikut, dilansir dari Astraworld, Selasa, 23 Februari 2016:

Cara Paling Gampang Usir Bau Tak Sedap AC Mobil
  1. Sering menyedot debu di kabin mobil, terutama bagian karpet. Debu dan kotoran paling banyak mengendap di bagian tersebut.
  2. Tidak membuka kaca jendela ketika mobil berjalan. Tujuannya agar debu dari jalan tidak masuk ke kabin mobil.
  3. Sebisa mungkin tidak merokok di dalam mobil. Asap dan debu rokok akan mudah mengotori dan mengendap di kabin.
  4. Jika bau tak sedap masih timbul juga, sebaiknya cek kondisi filter AC dan saluran AC di dalam kabin, seperti di evaporator. Segera bersihkan atau ganti filter AC jika sudah terlalu kotor.
AC mobil (Ilustrasi).

Catat, Jangan Coba-coba Nyalakan AC Saat RPM Tinggi

Kebiasaan ini justru akan cepat merusak kompresor AC.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2016