AC Mobil Tak Dingin, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ilustrasi menyalakan AC mobil.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA – Pendingin udara atau air conditioner menjadi salah satu fitur standar pada mobil. Dengan menggunakan AC, suhu udara pada kabin menjadi lebih sejuk. Perjalanan pun menjadi lebih nyaman.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Product Manager Coolkars Serpong, Susanto mengatakan, AC harus menjadi perhatian para pemilik mobil terutama yang berdomisili di wilayah dengan suhu udara panas dan tingkat kemacetan tinggi.

"Jadi pastikan AC tetap dingin dan sehat. Meski fitur ini penting, tapi orang sering lupa melakukan pengecekan kondisinya, dan maunya dingin terus," kata Susanto kepada VIVA, Sabtu, 23 Desember 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Meski terlihat sederhana, AC memiliki kerja berat lantaran harus mendinginkan suhu kabin. Maka itu AC normal menjadi alasan yang patut untuk selalu diperhatikan. Dikatakan Susanto, komponen AC yang harus mendapat perhatian utama adalah motor fan. Jika ini tidak diperhatikan, maka bisa membuat mesin panas saat AC dinyalakan.

"Kami menyarankan jika mobil dengan perjalanan jauh berusia lebih dari tiga tahun, disarankan untuk motor fan diganti. Risikonya, jika tiba-tiba mati di jalan saat perjalanan jauh, biaya jauh akan lebih besar dibandingkan hanya mengganti di bengkel dengan budget sebesar Rp600 ribu," kata dia.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022