Kursi Roda Ini Gunakan Cara Kerja Tank

Kursi roda yang bisa naik turun tangga.
Sumber :
  • Scalevo

VIVA.co.id - Para pengguna kursi roda kini sedikit bisa bernapas lega jika menghadapi banyaknya anak tangga. Mereka tak perlu khawatir atau merasa merepotkan orang lain yang ingin membantu.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Pasalnya, 10 mahasiswa yang berasal dari Swiss Federal Institute of Technology (ETH) Zurich dan Zurich University telah berhasil menciptakan kursi roda yang sanggup melaju di jalur menanjak berupa anak tangga. Alat ini disebut dengan nama Scalevo.

Dilansir situs resmi Scalevo, Senin 22 Juni 2015, Scalevo dapat bergerak di dataran rata atau menanjak dengan menggunakan sistem Segway. Dua rodanya menjadi penyeimbang.

Bocah 13 Tahun 'Bejek' Mobil Ini Hingga 320 km per Jam

Alas antara roda dan bagian tangga pun menggunakan bahan karet yang memanjang dan bergerigi. Hal ini agar mempermudah kursi roda naik dan tidak licin. Jika dilihat, sistem kerja ini mirip sebuah tank.

Posisi duduk juga bisa diatur, agar orang yang berada di kursi roda bisa tetap rata dan terlihat tidak sedang melalui jalur tanjakan atau turunan.

Jok Khusus Penyandang Disabilitas Ini Seharga Mobil

Rencananya, rancangan yang saat ini masih berstatus purwarupa ini akan mulai digunakan tahun depan di ajang olahraga Cybathlon, yakni perlombaan khusus untuk para penyandang cacat yang menggunakan alat bantu canggih.

Anda bisa melihat cara kerjanya melalui tautan berikut ini.

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016