Debat Capres, Ma'ruf Puas Jokowi Tak Terprovokasi

Cawapres nomor urut 01, Maruf Amin
Sumber :
  • Istimewa/Eduward Ambarita

VIVA – Calon Wakil Presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin menyatakan puas melihat penampilan pasangannnya, Calon Presiden Joko Widodo di panggung debat, di Hotel Sangrila, Jakarta Pusat, Sabtu, 30 Maret 2019 malam.

Wapres: Stunting Rugikan Negara Hingga Rp450 Triliun

Menurut Ma'ruf, Jokowi sudah sesuai ekspektasinya ketika berhadapan Prabowo Subianto. "Itu yang saya harapkan pak Jokowi tidak terprovokasi, hingga dia tidak emosi sehingga bisa menjelaskan semua permasalahan secara detail dan juga jelas," kata Ma'ruf usai menghadiri debat antarcalon presiden di Hotel Shangri-LaLa, Jakarta, Sabtu, 30 Maret 2019 malam. 

Terkait isu pertahanan, Ma'ruf menganggap, mantan Gubernur DKI Jakarta itu sudah secara jelas memaparkannya. Berbagai perbaikan telah dilakukan, di antaranya membangun pangkalan militer baru yang berada di titik strategis.

Mario Suryo Aji Minta Restu Wapres Jelang Tampil di Moto3 2022

Menurut dia, Jokowi fokus pada pertahanan negara yang berada di wilayah terdepan. "Bahwa keinginan kita harus gini gitu, itu kan keinginan tidak harus sekarang terjadi. Sebelumnya kan ada tahapan-tahapan," kata Ma'ruf.

Sebelumnya, dalam debat keempat antarcalon presiden, salah satu tema mengenai pertahanan cukup menyedot perhatian. Prabowo menyebut pertahanan negara dalam kondisi rapuh.

Wakil Presiden RI: Daya Tahan Timnas Indonesia Lemah, Larinya Kurang

Atas pernyataan itu, Jokowi tak setuju. Jokowi memberikan sanggahan, tentang apa yang sudah dilakukan di hampir lima tahun masa pemerintahannya. Di antaranya, membangun markas militer yang tidak lagi fokus pada wilayah Jawa atau disebutnya dengan istilah 'Jawa Sentris'. (mus)
 

Wapres Ma'ruf Amin di Asia International Water Week ke-2 di Labuan Bajo, NTT.

Wapres: Air Bersih Penentu Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Meski dunia di keliling air lebih dari 70 persen tapi ketersediaan air bersih untuk penduduk hanya sebesar 13 persen saja.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022