Nasdem Serahkan Semua Temuan Ketidakjujuran Pada KPU dan Bawaslu

Surat suara untuk pemilu daerah pemilihan luar negeri telah tercoblos
Sumber :
  • istimewa

VIVA –  Publik dikejutkan dengan adanya berita bahwa sudah tercoblosnya surat suara Pemilu 2019 di Selangor, Malaysia. Dari rekaman yang beredar, surat suara yang sudah tercoblos itu menyoblos pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 dan beberapa anggota calon legislatif, salah satunya Partai Nasdem.

Rekapitulasi Nasional, Suara PDIP Tertukar dengan Golkar di Seoul

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP bidang Media dan Informasi Publik, Willy Aditya menyatakan, Partai Nasdem sangat menghormati dan menjunjung tinggi asas langsung, umum, bersih, jujur, dan adil dalam pelaksanaan pemilu.

"NasDem akan menyerahkan segala bentuk temuan-temuan ataupun indikasi-indikasi ketidakjujuran pelaksanaan Pemilu kepada penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu," kata Willy dalam keterangan tertulisnya, Kamis 11 April 2019.

Polri Turun Tangan Selidiki Dugaan Jual Beli Suara di Malaysia

Terkait dengan informasi ada beberapa caleg dari Partai Nasdem yang sudah tercoblos, ia mengaku masih mencari informasi.

DPP Partai Nasdem telah menugaskan Ketua Nasdem Malaysia, Teuku Adnan untuk mendatangi lokasi kejadian tempat tersimpannya surat suara yang diindikasi tercoblos untuk caleg NasDem Dapil DKI Jakarta nomor urut 2, dengan nama Davin Kirana, serta nomor urut 3 dengan nama Achmad. (asp)

Bawaslu Sebut Dugaan Jual-Beli Surat Suara di Malaysia Terkategori Pelanggaran Pidana
Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

KPU Akan Batasi Maksimal 600 Pemilih Per TPS untuk Pilkada 2024

Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan, jumlah surat suara Pilkada 2024 lebih sedikit daripada Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024