Bela Moeldoko, Tjahjo Kumolo: Kita Semua Clean and Clear Kok

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Saksi tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di persidangan Mahkamah Konstitusi mengungkapkan adanya pelatihan saksi Pemilu oleh Moeldoko dan pejabat lainnya.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membantah ada soal kecurangan dalam pelatihan itu. "Enggak ada (soal kecurangan). Saya kira itu perlu diklarifikasi, enggak ada," kata Tjahjo di Jakarta Pusat, Kamis 20 Juni 2019.

Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menilai, pelatihan saksi bisa dipantau oleh semua pihak. Termasuk pemantau dalam negeri dan luar negeri. "Kita semua clean and clear kok," ujar dia.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Tjahjo juga yakin pelatihan tidak akan sampai membahas cara-cara untuk berbuat curang. "Saya kira enggak akan sampai ke situ," kata dia.

Sebelumnya, saksi tim hukum Prabowo-Sandi, Hairul Anas, menyebut nama Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal (Purn) Moeldoko dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di persidangan, Kamis dini hari, 20 Juni 2019.

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024

Hairul mengklaim mendapat materi dari pejabat-pejabat itu ketika mengikuti pelatihan saksi setiap partai koalisi. Hairul juga mengungkapkan salah satu materi pelatihan membahas kecurangan adalah bagian demokrasi.

"Jadi saya mendapat pelatihan dari salah satu pemateri, Pak Moeldoko," kata Hairul di hadapan Majelis Hakim MK.  (mus)

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024