Cek Fakta: Surat Al-Maidah Ayat 51 Telah Diganti Terjemahannya

Tangkapan layar (screenshot) sebuah pesan WhatsApp yang menyatakan bahwa telah beredar Al-Quran terjemahan palsu, termasuk terjemahan surat Al-Maidah ayat 51, yang diberikan dengan dalih wakaf.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar sebuah pesan WhatsApp yang menyatakan bahwa telah beredar Alquran terjemahan palsu yang diberikan dengan dalih wakaf. Adapun terjemahan yang salah dalam Alquran itu adalah surat Al-Maidah ayat 51 yang terjemahannya sudah diganti menjadi “teman setia”.

Pegawai Kemenhub Dipolisikan Istri Gara-gara Injak Al-Quran

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi itu merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Melansir dari Cekfakta.com yang disalin dari Tempo, Kementerian Agama telah menegaskan bahwa surat Al-Maidah ayat 51 telah diterjemahkan sesuai konteks.

Heboh Aksi Pejabat Kemenhub Diduga Nistakan Agama, Injak Alquran Demi Yakini Sang Istri

Narasi serupa sudah pernah beredar sejak tahun 2016, artikel dengan topik itu telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] “Al Quran terjemahan baru Al Maidah 51” yang diunggah pada 13 Juni 2021.

Dengan demikian, narasi yang beredar melalui pesan WhatsApp itu dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

Cek Fakta: Timnas Indonesia vs Portugal Pada September 2024

KESIMPULAN

Hoaks lama yang kembali beredar. Pesan serupa sudah beredar sejak tahun 2016 dan Kementerian Agama telah menegaskan bahwa surat Al-Maidah ayat 51 telah diterjemahkan sesuai konteks.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9567

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya