3 Makanan untuk Jaga Kesehatan Kulit saat Puasa Ramadhan

Ilustrasi wanita berkulit hitam dan putih.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tak dipungkiri, para wanita kerap menganggap definisi cantik berarti memiliki kulit putih dan bercahaya. Padahal, kebanyakan wanita Indonesia memiliki kulit dengan tone sawo matang.

4 Makanan Terbaik Penghilang Lemak, Ternyata Enak-enak Semua!

Keragaman wajah dan kulit yang berbeda pada wanita Indonesia, pun membawa definisi cantik bahwa tak mesti selalu berkulit putih. Tapi, kulit sehatlah yang menandakan pancaran kecantikan tiap wanita. Namun, bagaimana mengenali ciri kulit sehat?

Dituturkan Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, Dr. Michael Reo, Indikasi kulit yang sehat yaitu memiliki warna kulit yang cerah dan merata, lembap, halus, dan bebas noda. Selain itu, kulit yang sehat juga dilihat dari kekenyalannya dan terlihat kencang.

Untuk memiliki kulit sehat dan segar berseri, acuannya dapat dilihat dari seorang dermatolog, Thomas B Fitzpatrick yang menciptakan Fitzpatrick Skin Scale, yakni ada 6 tipe warna kulit sehat yang berbeda. Semakin tinggi angka yang tertera di skala ini, maka semakin gelap warna kulit. Kebanyakan orang Indonesia termasuk ke dalam tipe 3 dan 4, yaitu warna kulit kuning langsat (light brown) atau sawo matang (medium brown).

Warna kulit ini tergolong tidak mudah terbakar, namun mudah menjadi gelap akibat terpapar sinar matahari sehingga penting untuk memakai perawatan kulit tepat. Mulai dari toner, pelembab wajah, hingga tabir surya.

Merasakan Kemewahan Kuliner Prancis di Batam, Perpaduan Citra dan Rasa yang Menggoda

"Kami ingin membantu semua wanita Indonesia agar dapat menggali kelebihan dan potensinya, serta membuat mereka lebih percaya diri dari luar dan dalam, melalui rangkaian produk kami," ujar Brand Manager Natur-E, Widya Wulandari, dikutip dari keterangan pers Natur-E.

Kondisi kulit yang optimal dapat terwujud dengan perawatan yang menyeluruh dari luar dan dalam. Untuk perawatan dari luar, kita harus senantiasa melindungi dan menjaga kulit dari paparan sinar UV.

Dokter Spesialis Ungkap Keajaiban Cellbooster, Teknologi Canggih untuk Tampil Awet Muda

"Melakukan perawatan kulit yang rutin, serta menutrisi kulit. Jadi, warna kulit bukan menjadi ukuran sehat atau tidaknya kulit seseorang atau cantik dan tidaknya," tutur Michael.

Untuk perawatan dari dalam, dimulai dari pola makan sehat. Ada tiga makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan kulitmu.

Pertama, buah alpukat yang tinggi akan lemak sehat sehingga berfungsi membuat kulit tetap lembab dan fleksibel. Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik, yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif.

Lalu, ada juga biji bunga matahari yang menjadi sumber asam lemak esensial yakni omega-3 dan omega-6 yang mampu mengurangi peradangan. Terakhir, ada ubi yang mengandung beta karoten sehingga akan membantu tubuh membentuk vitamin A yang bermanfaat sebagai tabir surya alami.

"Perawatan kulit dari dalam antara lain dapat dilakukan dengan menjalankan pola hidup sehat serta mengkonsumsi suplemen bila diperlukan," kata Michael.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya