Negara-negara dengan Durasi Puasa Tercepat dan Terlama di Dunia

Ilustrasi anak berbuka puasa.
Sumber :
  • Pixabay/ambroochizafer

VIVA – Mulai hari ini masyarakat muslim di dunia akan menjalankan ibadah puasa. Umat muslim pun harus berpuasa sejak matahari terbit hingga tenggelam. Namun, perbedaan waktu membuat umat muslim di seluruh dunia menjalani ibadah puasa dalam jangka waktu berbeda-beda.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Ada yang singkat, tetapi ada juga yang lebih lama berpuasa dibandingkan saudaranya di belahan dunia yang lain. Hal ini bergantung pada pada musim dan garis lintang tempat mereka tinggal. Lalu untuk tahun ini sendiri negara mana yang menjalankan ibadah puasa lebih singkat dan lebih panjang?

DIlansir Gulfnews, warga muslim di kota Murmansk, Rusia, harus menjalankan ibadah puasa lebih lama, yakni selama 20 jam 45 menit. Di kota ini hanya memiliki 3 jam kegelapan, sebelum matahari terbit lagi pada pukul 01.41 pagi. 

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Sementara kota Ushuaia di Argentina memiliki waktu puasa terpendek di dunia, yakni 11 jam. Di kota ini matahari terbit  pukul 06.57 pagi dan terbenam pukul 17.57. Sedangkan umat muslim di Dubai akan berpuasa selama 14 jam dan 39 menit pada hari pertama Ramadan.

Untuk umat muslim di kota di negara seperti Islandia, Swedia dan Alaska harus menjalani ibadah puasa selama 19 jam. Umat muslim di Denmark, Skotlandia, dan Norwegia harus menjalani ibadah puasa selama 18 jam. 

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Umat muslim di Amerika, Iraq, Jerusalem, Mesir, India, Peru, Saudi Arabia harus menjalani ibadah puasa selama 14 jam. Sedangkan untuk umat islam di Indonesia tahun ini harus menjalani ibadah puasa selama kurang lebih 13 jam. 

Fakta menarik: Negara yang memiliki matahari terbenam dan matahari terbit terlalu dekat (kurang dari 3 jam terpisah) atau tidak bisa dibedakan, fatwa telah dikeluarkan untuk memungkinkan umat Islam mengikuti waktu kota terdekat yang memiliki waktu siang dan malam yang dapat dibedakan. (ren)
 

Ilustrasi perut buncit

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Lemak perut seringkali menjadi momok bagi orang dewasa. Selain mengganggu penampilan dan membatasi gerak, ternyata lemak perut juga menyimpan bahaya kesehatan yang serius

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024