Langsung Minum Dingin Saat Buka Puasa Bisa Turunkan Imun Tubuh?

Ilustrasi minuman dingin
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Sepertinya menyegarkan ya mengonsumsi minuman dingin, seperti es buah, es teh, es sirop, atau minuman dingin lainnya saat berbuka puasa. Terlihat menggiurkan dan membuat tubuh seakan segar kembali setelah lebih dari 12 jam tubuh tidak mendapat asupan cairan yang cukup.

Ramadan, Bulan Menjaga Lisan

Namun pada kenyataannya, segera minum air es atau air dingin ketika berbuka puasa dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan untuk sebagian orang. Terlebih, lambung masih dalam keadaan kosong sehingga bisa saja memicu gangguan di organ tersebut.

Apa saja dampak buruk konsumsi air dingin saat berbuka, ya? Apakah konsumsi minuman es saat berbuka juga dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga berisiko terjangkit virus corona? Hal itu akan dijawab oleh spesialis penyakit dalam, DR. dr. Irsan Hasan, SpPD-KGEH, dalam acara Hidup Sehat di tvOne, Selasa, 28 Maret 2020 pukul 13.00 WIB.

Tips Puasa Anti Haus dan Lapar: Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur!

Di pembahasan kedua, masih berkaitan dengan momen puasa Ramadhan, salah satunya yaitu obat kumur. Obat kumur telah lama menjadi teman andalan untuk mencegah bau mulut yang mengganggu rasa percaya diri.

Tetapi ternyata selain itu, obat kumur turut berperan menjaga kesehatan mulut. Obat kumur umumnya adalah cairan antiseptik yang digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi, permukaan lidah dan gusi, serta mulut bagian belakang atau kerongkongan.

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

Penggunaan sebagian obat kumur bertujuan untuk mengurangi bau mulut. Sebagian obat kumur lainnya ditujukan untuk fungsi layaknya air liur, yaitu menjaga mulut tetap lembap dan menetralkan zat asam. Nah, bagaimana jika mengunakan obat kumur di saat berpuasa?

Apa dampaknya bagi penderita COVID-19? Dan apakah benar dapat mencegah virus? Penjelasannya akan dipaparkan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut, drg. Devya Linda SpBM, FISID., dalam acara yang sama.

Ilustrasi diet.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Lebaran telah usai, meninggalkan momen indah bersama keluarga dan hidangan lezat. Namun, tak jarang momen ini juga meninggalkan oleh-oleh berupa kenaikan berat badan.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024