Bercinta di Waktu Sahur, Masih Sah Berpuasa? Ini Kata Buya Yahya

Buya Yahya.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Bulan suci Ramadhan erat kaitannya dengan ibadah puasa di siang hari dan salat tarawih di waktu malam. Bicara mengenai ibadah puasa, tentunya banyak hal yang dapat membatalkannya, termasuk bercinta suami dan istri di saat siang hari. Lantas, bagaimana menyiasatinya?

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Ulama Buya Yahya menegaskan bahwa bersenggama antara suami dan istri saat siang hari, dimulai sejak subuh, akan membatalkan puasa. Hal itu terjadi apabila senggama yang dilakukan secara sengaja dan sadar.

"Kalau kondisnya tidak sengaja, mungkin saat sebelum Ramadhan ada yang berhubungannya setelah subuh, lalu saat Ramadhan melakukannya siang hari dan baru inget, itu rejeki. Puasa tetap sah dan tinggal mandi (junub)," paparnya dalam sebuah video di Youtube.

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Buya Yahya melanjutkan, berhubungan suami istri juga diperbolehkan apabila masih memasuki waktu sahur dan belum adzan subuh. Puasanya pun masih dianggap sah.

"Kalau senggama waktu sahur, atau berhubungan suami istri keburu adzan belum sempet mandi, enggak apa-apa. Puasanya sah. Tinggal mandi saja. Tidak wajib dia mandi (junub) saat itu (usai bersenggama)," lanjutnya.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Berkaitan dengan mandi junub, kata Buya Yahya, banyak umat muslim yang salah persepsi. Tak sedikit yang beranggapan bahwa usai bersenggama harus langsung mandi junub, kapanpun itu. Bahkan, istri diperbolehkan menunda mandi junub dan menyiapkan makan sahur terlebih dahulu.

"Ilmu satu ini banyak menyiksa perempuan. Kenapa? Karena saat Anda berhubungan suami istri tak serta merta harus mandi saat itu, malam-malam misal, nanti demam. Makanya banyak perempuan ogah-ogahan diajak berhubungan suami istri saat malam hari. Padahal boleh mandinya saat subuh, enggak wajib mandi habis berhubungan malam hari," terangnya.

Ilustrasi perut buncit

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Lemak perut seringkali menjadi momok bagi orang dewasa. Selain mengganggu penampilan dan membatasi gerak, ternyata lemak perut juga menyimpan bahaya kesehatan yang serius

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024