Masyarakat Indonesia Habiskan Rp1,2 Juta Belanja Online Saat Ramadan

91% Orang Indonesia Belanjakan THR ke E-Commerce, Kamu Termasuk?. (FOTO: Lazada Indonesia)
Sumber :
  • wartaekonomi

VIVA – Beragam promo menarik selama Ramadan mendorong meningkatnya aktivitas belanja di platform e-commerce. Terbukti dengan adanya kenaikan transaksi 3-5 kali lipat dibanding bulan sebelumnya. Salah satunya platform cashback rewards dan aggerator e-commerce ShopBack yang mencatat peningkatan transaksi hingga 3 kali lipat pada Ramadhan 2018.

Sambut Mudik Lebaran, Perusahaan Ban Ini Rambah Dunia eCommerce

“Daya beli masyarakat pada Ramadan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini pun ditujukan dengan rata-rata belanja masyarakat pada Ramadan tahun lalu yang mencapai Rp1.2 juta, meningkat 74 persen dibanding tahun sebelumnya," ujar Head of Business Development, ShopBack Indonesia Yolanda Margaretha dalam keterangan tertulisnya kepada VIVA, Senin, 13 Mei 2019. 

Berdasarkan data Criteo baru-baru ini, penjualan di platform e-commerce mulai menanjak 10 hari menjelang Ramadan dan berlanjut hingga penghujung Ramadan. Hal yang sama pun juga tercatat pada data historis ShopBack, di mana transaksi tercatat mulai naik pada 10-11 hari menjelang Ramadan dan puncaknya pada minggu ketiga Ramadan, di mana masyarakat sudah mulai menerima bonus THR. Sedangkan untuk waktu belanja, pengguna lebih sering berbelanja pada pukul 11.00-15.00 WIB.

Shopee Luncurkan Program Baru, Garansi Tepat Waktu

ShopBack baru-baru ini melakukan survei terhadap lebih dari 6.500 responden di lima kota besar di Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar mengenai pola perilaku belanja online saat Ramadan. Lebih dari setengah responden atau 53,5 persen mengaku akan mengalokasi seperempat dari THR yang diterima untuk berbelanja online. 

Jika dilihat dari data riset ShopBack dalam dua tahun terakhir, responden mulai bijak dalam memanfaatkan THR untuk berbelanja online. Responden yang memilih mengalokasikan hanya seperempat dari THR mereka untuk belanja online naik 38 persen dari 15 persen di 2017 menjadi 53 persen di 2019.

Viral Tanah Kuburan Dijual di E-commerce Bikin Geger Warganet, Bisa Buat Pesugihan?

Berdasarkan hasil survei yang sama,  beragam promo diskon dan cashback menjadi hal utama yang memengaruhi responden dalam berbelanja online menjelang dan saat Ramadan, dengan persentase 79,4 persen. Diikuti dengan harga murah (8,4 persen) dan lebih efisien di posisi ketiga dengan persentase 4,5 persen. 

Produk fesyen selalu menjadi produk yang sering dibeli responden di platform online pada Ramadan tiga tahun terakhir. Menariknya, produk digital seperti pulsa, paket data, token PLN, dan voucher game menjadi lebih populer dalam dua Ramadan terakhir. (zho)

TikTok Shop resmi gabung dengan Tokopedia.

Integrasi Tiktok Shop dan Tokopedia, DPR: Harus Bantu UMKM Adaptasi dengan Teknologi

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Mohamad Hekal mendukung agenda pemerintah untuk melakukan digitalisasi terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar tetap relevan den

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024