Baru Merayakan Ultah, Berikut 5 Fakta Unik Benedict Cumberbatch

Doctor Strange in the Multiverse of Madness.
Sumber :
  • Marvel Studios

VIVA Showbiz –  Benedict Cumberbatch baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 46 tahun, pada 19 Juli 2022. Nama Benedict sudah tak asing lagi di dunia perfilman dunia, sebut saja dalam film Sherlock Holmes, The Imitation Game, The Courier dan yang baru - baru ini, di film besutan Marvel, Doctor Strange. 

5 Fakta Unik soal Hujan, Mirip Hamburger

Kemampuan akting Benedict memang tak perlu diragukan lagi. Nah, selain kemampuan aktingnya yang luar biasa, ada beberapa fakta unik tentangnya yang jarang diketahui. Berikut 5 fakta unik Benedict Cumberbatch:

Kedua Orang Tua Artis

5 Fakta Dayak, Suku Ibu Ida yang Dapat Menyembuhkan Beragam Penyakit

Orang tua Benedict Cumberbatch

Photo :
  • The Mirror

Benedict lahir dari keluarga yang memiliki darah seni. Ayahnya, Timothy Carlton, adalah seorang aktor, sementara ibunya, Wanda Ventham, merupakan bintang televisi ternama pada masanya.

6 Fakta Unik Buah Kurma, Ternyata Punya Arti Penting di 3 Agama

Namun, orang tua Benedict sebenarnya tak terlalu ingin sang putra mengikuti jejak mereka sebagai artis. Ayah dan ibunya berusaha mengarahkan Cumberbatch agar menghindari dunia seni peran, dan malah memasukkannya ke sekolah umum, Harrow School.

Meskipun ia dibesarkan dalam keluarga aktor, Benedict Cumberbatch tidak selalu menginginkan untuk menjalani hidupnya di depan kamera. Bahkan, karena profesi yang dipilih orang tuanya, mereka mendorongnya untuk mengejar pekerjaan yang lebih stabil, yang membuatnya ingin menjadi pengacara kriminal. 

Kelainan Genetik Mata

Warna mata Benedict Cumberbatch

Photo :
  • quora.com

Fakta kedua yang unik adalah, Benedict menderita salah satu kelainan genetik yang cukup langka yaitu heterochromia. Kelainan ini membuat mata memiliki dua warna yang berbeda. Benedict sendiri memiliki mata berwarna campuran antara biru, hijau, dan emas. Meski begitu, kelainan yang dideritanya menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan Benedict berkata bahwa matanya adalah bagian tubuh favoritnya.

Pernah Diculik Saat Syuting

Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Photo :
  • Marvel Studios

Kejadian yang tak akan pernah Benedict lupakan adalah ketika sedang syuting series pendek berjudul To The Ends of the Earth. Ia dan dua temannya pernah diculik saat sedang belajar Scuba di dekat Mozambique. Mereka tiba-tiba dihadang oleh enam orang tak dikenal.

Keenam orang tersebut menggeledah mobil yang ditumpangi oleh Benedict untuk mencari uang, senjata, maupun obat-obatan. Bahkan Benedict sampai dipaksa masuk ke bagasi. Beruntung ia akhirnya dapat membujuk mereka sehingga Benedict dan kedua temannya berhasil selamat.

Memiliki Hubungan Darah Dengan Peran yang Ia Mainkan

Benedict Cumberbatch dan Alan Turing

Photo :
  • Time.com

Benedict Cumberbatch menjadi salah satu pemeran karakter Sherlock Holmes yang sukses dan disukai. Hal ini, mungkin karena ia memiliki hubungan darah dengan penulis Sherlock Holmes.

 Pada 2017, Ancestry.com menemukan bahwa besar kemungkinan Benedict Cumberbatch memiliki hubungan darah dengan Sir Arthur Conan Doyle. Keduanya memiliki kakek leluhur yang sama yaitu Duke of Lancaster John of Gaunt.

Selain dengan Conan Doyle, aktor pemeran De Strange ini juga sempat memerankan tokoh yang berjasa dalam Perang Dunia 2 yaitu Alan Turing dalam film The Imitation Game. Ternyata, Ancestry.com juga menemukan hubungan antara Alan Turing dan Benedict Cumberbatch yang ternyata adalah sepupu jauh ke-17 dari mendiang Alan Turing. Sangat keren, bukan? 

Pernah Ngajar Bahasa Inggris di India

Benedict Cumberbatch

Photo :
  • Twitter/Marvel

Setelah lulus sekolah, Benedict "merantau" ke India dan mengambil gap school, untuk menjadi sukarelawan sebagai guru bahasa Inggris. Gara-gara ke India, ia batal kuliah pengacara.

Lebih mengejutkan lagi, sekembalinya dari India, Benedict malah mantap untuk kuliah di University of Manchester dengan jurusan drama. Ia lalu melanjutkan pendidikan pasca sarjana di London Academy of Music and Art, dan berhasil meraih gelar Master of Arts dalam Classical Acting.

Hal ini karena ia melakukan meditasi saat di India yang membuka pikirannya.  "Saya selalu terpesona oleh gagasan meditasi dan apa artinya," katanya kepada Lion's Roar, dilansir dari mentalfloss.com. "Di India, saya pergi mundur dengan seorang lama beberapa hari mantra untuk membersihkan dan memurnikan pikiran bersama dengan selusin orang lainnya. Itu luar biasa, dan saya agak melayang keluar dari sana setelah dua minggu." ungkap Benedict

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya