Jelang Penobatannya Sebagai Raja Inggris, Segini Kekayaan Raja Charles

Raja Charles dan Permaisuri Camilla
Sumber :
  • Buckingham Palace

VIVA Dunia – Raja Charles III baru menjadi raja selama tujuh bulan, tetapi tampaknya dia sekarang lebih kaya daripada mendiang ibunya.

Kabar Terbaru Raja Charles Setelah Diagnosa Kanker, Kehilangan Indra Perasa

Dilansir dari laman British Sunday Times, Selasa, 18 April 2023, kekayaan Raja Charles diperkirakan mencapai US$1,1 miliar atau £600 juta atau Rp14,4 triliun rupiah.

Tahun lalu, Ratu Elizabeth II diperkirakan memiliki kekayaan pribadi sebesar US$685 juta.

Penampilan Publik Raja Charles Usai Divonis Kanker, Kembali Jalani Tugas Kerajaan

Menurut laporan analisis berbagai aliran pendapatan monarki Inggris untuk Sunday Times Rich List-nya, dengan kekayaan pribadi Raja melampaui kekayaan bersih almarhum ibunya, Ratu, sebesar £370 juta. 

Ratu Elizabeth II bersama anjing corgi

Photo :
  • New York Post
Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Seorang mantan pekerja kerajaan mengatakan kepada bahwa Raja Charles telah berhasil mengumpulkan kekayaan bersih yang signifikan selama bertahun-tahun, setelah menjadi sangat "ketat" dengan tabungan setelah perceraiannya yang mahal pada tahun 1996 dari Diana, Princess of Wales, di mana dia membayarnya US$21 juta dan US$494.000 untuk gaji tahunan tahunan.

"Dia menjadi berhati-hati dalam menyelipkan sejumlah uang dari Kadipaten (Cornwall) setelah penghancuran (cerai) itu," kata sumber itu.

Kadipaten (tanah kerajaan) yang disebutkan di atas adalah tempat sebagian besar pendapatan Charles berasal.

Ada dua kadipaten di Inggris, Kadipaten Lancaster dan Kadipaten Cornwall, dan keduanya properti milik kerajaan yang terutama berinvestasi di tanah.

Secara tradisional, pewaris tahta yang mewarisi Kadipaten Cornwal adalah Pangeran William, Prince of Wales yang sekarang  bertugas mengawasinya setelah Raja Charles menjadi raja tahun lalu.

Sementara itu, Kadipaten Lancaster berada di tangan raja yang berkuasa, sekarang Charles, yang mewarisinya dari Ratu Elizabeth setelah kematiannya pada bulan September.

Kadipaten Cornwall diperkirakan bernilai $1,2 miliar.

Raja Charles III saat menyampaikan pidato Natal 2022

Photo :
  • Victoria Jones/Pool Photo via AP

Selama mengawasi Kadipaten Cornwall, Charles meningkatkan laba tahunannya sebesar 42,6 persen menjadi US$30 juta antara tahun 2011 dan 2022.

Laporan itu muncul saat persiapan untuk penobatan Raja pada 6 Mei?.

Penguasa Inggris yang baru akan dimahkotai bersama istrinya, Permaisuri Camilla, dalam ibadah religius di Westminster Abbey yang akan berlangsung pada pagi hari di tanggal 6 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya