Richard Gere Harap China Terinspirasi Obama

VIVAnews - Aktor Richard Gere mengutarakan harapannya. Suatu hari China dipimpin orang Tibet. Sama halnya seperti Amerika Serikat yang dipimpin  presiden berkulit hitam.

Dilansir Yahoo!News, Kamis 12 Maret 2009, aktor yang sekarang jadi aktivis itu bilang, berdamai dengan Beijing jadi isu krusial.

Gere yang beragama Budha berada di Washington untuk melobi Kongres mendukung Tibet. Itu dilakukan dalam malam perayaan 50 tahun Gerakan Tibet Merdeka, yang mengakibatkan pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, hijrah ke India.

China mengerahkan pasukan ke daerah Tibet untuk perayaan sensitif tersebut. Tapi, aktor 59 tahun tersebut bilang, terpilihnya Presiden AS Barack Obama seharusnya jadi inspirasi bagi orang-orang tertindas yang memiliki sejarah kelam.

"Tiga puluh, dua puluh tahun lalu, siapa yang sangka bakal ada presiden kulit hitam di Amerika Serikat? Banyak hal berubah secara cepat. Dan biasanya, kirisis dan tragedi yang paling membawa perubahan cepat," kata Gere.

Pemeran 'Pretty Woman' itu berharap suatu saat ada perdana menteri berasal dari Tibet atau bahkan presiden dan pimpinan pemerintahan apapun. Gere bilang, aspirasi harus disuarakan.

PDIP Lempar Sinyal Siap Koalisi dengan PAN Usung Khofifah di Pilgub Jatim
Gunung Semeru yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, Jawa Timur, pada Minggu, 2 April 2023.

Visual Tak Teramati, Gunung Semeru Erupsi 104 Detik

Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, kembali mengalami erupsi pada Selasa malam pukul 22.03 WIB. Erupsi itu pun tak teramati secara visual.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024