Penjelasan Pidi Baiq soal Dilan dan Milea yang Asli

Dilan 1990.
Sumber :
  • instagram.com/falconpictures_

VIVA – Novel Dilan, Dia adalah Dilanku Tahun 1990 sudah punya tempat di kalangan para pembaca novelnya sejak lama. Kini diangkat ke layar lebar, fans Dilan makin meluas.

5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Agak Laen Geser Warkop DKI Reborn

Banyak orang bertanya-tanya, siapakah Dilan dan Milea dari kehidupan nyata. Berbagai dugaan pun muncul ke ruang publik, menerka-nerka, benarkah mereka Dilan dan Milea? Riuh mencari tahu siapa Dilan dan Milea sesungguhnya, Pidi Baiq, sang penulis akhirnya angkat bicara.

Lewat akun Instagram pribadinya, pria yang akrab disapa Ayah ini meminta publik agar tak lagi memperdebatkan siapa Dilan dan Milea asli. Ayah mengaku sudah berjanji untuk tidak mengungkap identitas asli mereka.

Atalia Praratya Istri Ridwan Kamil Main Film di Ancika: Dia Yang Bersamaku 1995

"Sebelum novelnya saya bikin, Dilan dan Milea Adnan Hussain mewanti-wanti saya untuk tidak mengungkap siapakah sebenarnya tokoh asli di dalam novel itu," tulis Pidi Baiq.

Lewat pernyataannya itu, bukan hanya Ayah yang berjanji untuk tidak mengungkap identitas mereka, tapi juga sejumlah orang lain yang terlibat dalam penggarapan novel tersebut. 

Terungkap, Arbani Yasiz Ternyata Pernah Ikut Casting Film Dilan 1990

"Jadi, kalau kemudian ada sebagian orang yang mengatakan bahwa dirinya adalah Piyan, atau Wati yang ada di novel "Dilan", sesungguhnya mereka hanya pandai mengaku-ngaku saja," tulisnya lagi.

Pidi Baiq sendiri mengaku tak mau ambil pusing dengan kajian dalam bentuk apa pun yang berusaha mengungkap siapa Dilan dan Milea sebenarnya.

"Mari kita hargai keinginan Dilan dan Milea yang tidak ingin asli dirinya diungkap. Biarlah tetap menjadi rahasia. Yang penting kita sudah tahu ceritanya dan mudah-mudahan bisa mengambil pelajaran dari itu. Dilan dan Milea hanya manusia biasa, ikuti yang baiknya dan jangan ditiru keburukannya," Pidi Baiq mengakhiri keterangannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya