Skandal Seks, Penampilan Aktor Terbaik Oscar 2017 Diganti

Casey Affleck meraih Piala Oscar 2017 untuk kategori Aktor Terbaik
Sumber :
  • REUTERS/Lucy Nicholson

VIVA – Ajang bergengsi bagi insan perfilman Hollywood, Academy Awards ke-90, akhirnya digelar pada Minggu, 4 Maret 2018 waktu Los Angeles, California. Tahun ini, ajang yang sering disebut saja sebagai Oscar tersebut, diwarnai dengan gerakan-gerakan yang mendukung para wanita.

Intip Momen Ryan Gosling Membawakan Lagu I'm Just Ken di Panggung Academy Awards ke-96

Hollywood sempat geger ketika skandal seks produser ternama, Harvey Weinstein, terkuak di kuartal akhir 2017. Selebriti dan para pekerja wanita di Hollywood satu per satu angkat suara, membongkar borok industri tersebut. 

Salah satu yang menjadi sorotan juga kasus pelecehan seksual di masa lalu yang dilakukan Casey Affleck, Aktor Terbaik Oscar 2017. Publik meradang tiap kali membahas kasusnya. 

Daftar Lengkap Pemenang Piala Oscar 2024, Oppenheimer Menang Besar

Meski pihak Academy bungkam atas kontroversi tersebut, adik dari pemeran Batman, Ben Affleck, ini akhirnya memutuskan untuk mundur dari hingar bingar Oscar 2018. Januari lalu, Casey menyatakan tak akan hadir pada ajang besar tersebut.

Sudah menjadi tradisi bahwa pembawa pulang Piala Oscar di tahun sebelumnya menjadi presenter yang akan mengumumkan pemenang tahun ini. Dengan absennya Casey, Academy pun mengumumkan penggantinya.

The Zone of Interest Segera Tayang di Bioskop Indonesia, Raih Nominasi Film Terbaik Oscar

Jennifer Lawrence di malam penghargaan Piala Oscar 2014

Dikutip dari Variety, demi mendukung gerakan membela para wanita korban pelecehan seksual, Oscar akan menghadirkan Jennifer Lawrence dan Jodie Foster sekaligus untuk menggantikan posisi Casey Affleck.

Jennifer Lawrence adalah pemenang Oscar sebagai Aktris Terbaik pada tahun 2013, sementara Jodie Foster menjadi memenangkan kategori ini dua kali, pada tahun 1989 dan 1992. Keduanya akan membacakan pemenang Aktris Terbaik 2018.

Tak hanya itu, Emma Stone sebagai Aktris Tebaik 2017 juga dikabarkan tak bisa menghadiri acara ini. Posisi Emma akan digantikan oleh Jane Fonda (pemenang Aktris Terbaik Oscar tahun 1972 dan 1979) dan Helen Mirren (Aktris Terbaik Oscar 2007) untuk membacakan kategori Aktor Terbaik tahun ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya