Bahasa Indonesia Dipakai di Film Mile 22, Ini Cerita di Balik Layarnya

Peter Berg, Lauren Cohan, dan Iko Uwais di Mile 22
Sumber :
  • instagram.com/iko.uwais

VIVA – Mile 22 yang dibintangi Mark Wahlberg dan Iko Uwais menceritakan tentang misi yang harus diselesaikan di sebuah negara fiksi bernama Indocarr. Tak merujuk pada negara tertentu di Asia, namun di film ini, akan terdengar beberapa dialog dan ekspresi verbal dalam Bahasa Indonesia.

Netflix Garap Remake The Raid, Gandeng Sutradara Hollywood

Ricky Siahaan, manajer Iko Uwais menjelaskan, dialog Bahasa Indonesia yang dipakai di Mile 22 sebenarnya hanya cara Peter Berg, sang sutradara, membuat Iko Uwais nyaman dalam berakting. Karena memakai negara fiksi, Peter tak mau menyulitkan dengan membuat bahasa baru untuk Indocarr.

"Ini fiksi, memang mau menggambarkan negara di Asia Selatan. Dari pada dia menciptakan bahasa baru, jadi dia pilih yang nyaman saja untuk Iko. Peter suka nanya, 'Ini ada artinya enggak dalam Bahasa Indonesia?' Oh, ada, jadi gunakan saja," kata Ricky saat konferensi pers di pemutaran perdana Mile 22 di Jakarta, 20 Agustus 2018.

5 Artis Indonesia Sukses Main di Film Hollywood, Nomer 4 Gak Disangka

Sejumlah seruan ekspresi dalam Bahasa Indonesia yang terdengar di film ini pun kerap spontan. Iko dan timnya sering memberi masukan, kata apa yang pas dipakai untuk adegan-adegan tertentu. Lauren Cohan bahkan belajar dari Iko Uwais.

"Bahasa Indonesia Cohan diajari Iko di sini. Pernah ada yang enggak cocok, terus diedit Iko dan timnya. Ternyata Cohan juga cepat belajarnya," dia menambahkan.

Makin Eksis di Hollywood, Iko Uwais Jadi Villain di The Expendables 4

Dialog adalah salah satu yang menantang bagi Iko dan suami Audy Item itu sangat alami dalam menjalankan perannya. Ketika diberi dialog yang banyak dan harus berakting, Iko, menurut Ricky, bisa melakukannya dengan sangat natural.

Salah satu yang disyukuri juga karena Peter Berg bukan seorang sutradara yang terpaku pada naskah. Dia membebaskan para pemainnya untuk berekspresi, berdialog, dan berakting sealami mungkin. Karenanya, banyak dialog yang spontan terlontar dari mereka.

"Peter Berg ini sangat spontan dan enggak scripted. Semua yang keluar dari mulut aktornya enggak harus sama banget ama script. Jadi yang di naskah itu cuma adegannya, akting, ekspresi, dan apa yang dibilang itu spontan," ujarnya.

Mile 22 sudah tayang di Indonesia mulai 21 Agustus 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya