Penonton Bioskop Diminta Nyanyikan Indonesia Raya Sebelum Film Diputar

Imbauan menyanyikan lagu Indonesia Raya saat nonton di bioskop
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Beredar surat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang mengimbau untuk menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya kepada penonton bioskop sebelum film dimulai. Surat itu tercatat dengan nomor 1.30.1/Menpora/2019, yang ditetapkan pada Rabu 30 Januari 2019. Soal adanya surat imbauan tersebut, pihak Kemempora yang diwakili Sesmenpora, Gatot Dewa Broto membenarkan soal tersebut.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

"Iya itu betul. Betul yang tertulis seperti dalam surat edaran itu," katanya saat dihubungi VIVA, Kamis 31 Januari 2019.

Ia juga menjelaskan bahwa alasannya juga sama seperti yang tertulis dalam surat edaran yang ditandatangani Menpora, Imam Nahrawi. Surat itu dimaksudkan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta pada Tanah Air. Dengan itu, diminta pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutar sekaligus menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum film diputar. 

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Umumkan Tanggal Tayang

"Alasannya memang seperti yang ditulis di ujung awal kalimat," ujarnya. 

Lantas, apakah sudah mendapat respons dari pengelola bioskop di Indonesia?

Film Siksa Kubur Raih 1 Juta Penonton dalam 4 Hari, Joko Anwar Girang

"Mungkin ya karena sudah beredar di mana-mana," katanya. (ben)
 

Cinema XXI

Pendapatan Cinema XXI Melonjak 47,6% di Kuartal-1 2024, Raih Laba Bersih Rp154 M

Sepanjang kuartal-1 2024 Cinema XXI membuka 4 bioskop baru dengan 19 layar, sehingga total bioskop beroperasi mencapai 244 bioskop dengan 1.301 layar di 61 kota/kabupaten

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024