Gunawan Maryanto Sabet Piala Citra Kategori Pemeran Utama Pria Terbaik

Gunawan Maryanto.
Sumber :
  • Instagram @nusasonic

VIVA – Piala Citra Festival Film Indonesia atau FFI 2020 kategori Pemeran Utama Pria Terbaik diberikan kepada Gunawan Maryanto lewat aktingnya dalam film The Science of Fictions (Hiruk Pikuk Si Alkisah). Gunawan berhasil mengalahkan lima aktor lain di kategori yang sama pada tahun ini.

Film Petulangan Sherina 2 Hingga Sewu Dino, Jadi Top 3 Box Office Indonesia Sepanjang 2023

Gunawan berhasil mengalahkan Alqusyairi Radjamuda, Ario Bayu, Dion Wiyoko, Ibnu Jamil dan Reza Rahadian. Film yang dirilis pada tahun 2019 ini merupakan besutan sutradara Yosep Anggi Noen.

Baca Juga: Laura Basuki Raih Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI 2020

Sebelum Sabet Piala Citra, Prilly Latuconsina Curhat Pernah Dicap Alay

Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Locarno 2019. Film ini merupakan produksi Miles Firm dengan promosi resmi dari Badan Ekonomi Kreatif di Cannes.

Film ini mengisahkan sosok Siman yang tak sengaja menyaksikan kru asing sedang syuting pendaratan di Bulan di sebuah area tak berpenghuni pada tahun 1960-an. Ia kemudian ditangkap dan lidahnya dipotong agar tak menyebarkan rekayasa pendaratan di Bulan itu.

Raih Penghargaan FFI 2023, Rachel Vennya Ingat Titik Terendah Dalam Hidupnya

"Tidak memberi saya dialog sama sekali dalam film ini. Itu satu hal yang sangat menantang bagi saya," paparnya dalam acara FFI 2020, Sabtu 5 Desember 2020.

Gunawan Maryanto sendiri merupakan seorang penulis dan sutradara teater berkebangsaan Indonesia. Namanya mungkin tak setenar aktor lain, namun ini bukan kali pertamanya memenangkan Piala Citra FFI 2020.

Pada 2017, Gunawan memenangkan penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Usmar Ismail Award melalui film berjudul Istirahatlah Kata-kata dengan perannya sebagai Widji Thukul.

Selebihnya, Gunawan Maryanto lebih banyak mengelola Teater Grasi dan mementaskan karyanya di berbagai negara. Pria kelahiran 10 April 1976 itu juga telah menelurkan banyak karyanya di bidang penyutradaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya