Ada Keris, Batik hingga Wayang di Film Disney Raya and the Last Dragon

Raya and the Last Dragon.
Sumber :
  • Walt Disney Pictures

VIVA – Film Disney terbaru, Raya and the Last Dragon bakal segera tayang pada 3 Maret 2021 mendatang. Animasi satu ini bisa dibilang istimewa lantaran terinspirasi dari budaya dan tradisi negara-negara di Asia Tenggara.

Batik Aromaterapi Asal Madura Tembus Pasar AS hingga Jepang

Dalam konferensi pers global Raya and the Last Dragon via online yang dihadiri VIVA baru-baru ini, sang produser, Osnat Shurer mengungkapkan bahwa tim produksi sempat melakukan perjalanan ke sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia untuk melakukan riset.

"Asia Tenggara terdiri dari banyak negara yang punya budaya dan tradisi yang luar biasa beragam. Namun, di balik perbedaan itu, mereka bekerja sama untuk kebaikan yang lebih besar," ucap Osnat.

Bangga Promosikan Batik, Desainer Barbie Awliya Berjuang Keras di Paris

Photo :
  • Walt Disney Pictures

Klik halaman selanjutnya untuk tahu lebih banyak.

Terpopuler: Kisah Mualaf Pria Pasca Operasi Otak, Jadwal Imsakiyah Hingga Ucapan Idul Fitri

Hal senada diungkapkan oleh Carlos Lopez Estrada yang menyutradarai film ini bersama Don Hall. Ia mengungkapkan bahwa perjalanan tim produksi untuk melakukan riset ke Asia Tenggara punya dampak yang sangat besar bagi film Disney ini.

"Perjalanan itu berdampak sangat besar, terutama pada tim kreatif Raya and the Last Dragon. Bahkan bagi tim suara," kata dia.

Sebagai informasi, musik yang dipakai di film animasi ini begitu mencerminkan kebudayaan negara-negara di Asia Tenggara. Bahkan, ada musik gamelan yang turut dipakai di film yang turut diisi suaranya oleh Kelly Marie Trand dan Awkwafina itu.

Sementara itu, salah satu penulis naskahnya, Qui Nguyen yang turut hadir di konferensi pers itu mengatakan, unsur-unsur budaya Asia Tenggara di film Raya and the Last Dragon dapat dilihat di berbagai aspek, mulai dari martial arts, makanan, arsitektur, busana, suasana alam dan masih banyak lagi. Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui berita selengkapnya.

Photo :
  • Walt Disney Pictures

Dari Indonesia sendiri, beberapa unsur budaya Nusantara seperti keris, batik motif sisik ikan, topi caping, topeng Bali, gamelan, wayang hingga sate bisa Kamu lihat di film produksi Walt Disney Pictures ini.

Bahkan, pedang Raya yang meliuk-liuk sangat mirip dengan keris yang menjadi senjata tradisional Indonesia yang kini menjadi simbol budaya Tanah Air.

Photo :
  • Walt Disney Pictures

"Ini adalah film yang benar-benar spesial, karena akhirnya anak-anak di Asia Tenggara punya sosok pahlawan Disney yang bisa jadi panutan mereka," kata Qui Nguyen.

Raya and the Last Dragon tayang di Disney+ Hotstar 3 Maret 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya